View Full Version
Ahad, 31 Oct 2010

As Shabaab Kuasai Kota Gedo Tanpa Perlawanan Musuh

GEDO SOMALIA (voa-islam.com): Pejuang As-Shabaab di wilayah Gedo pada hari Jum'at mengatakan bahwa mereka secara damai (tanpa pertempuran) berhasil mengambil alih kontrol kota Beled-hawo di Somalia selatan setelah kelompok Sufi bernama Ahlu Sunna Waljama'a bersama tentara pemerintah kabur dari kota tersebut.

"Sekarang kami berada di kota Beled-hawo. Kami merebut kota ini dengan tanpa pertempuran melawan tentara pemerintah dan Ahlu Sunna Waljama'a. Mereka telah pergi meninggalkan kota. Mereka takut akan terjadi serangan besar dan mereka melarikan diri," kata Shiekh Bashir, selaku Guberbur As Shabaab untuk wilayah Gedo, Somalia selatan.

Namun, Sheikh Hussein Mohamud, salah satu petugas dari pasukan Sufi Ahlu Sunnah mengatakan bahwa mereka akan menyerang kota dan merebutnya kembali. Mereka berdalih meninggalkan kota karena menghormati penduduk kota, mereka kini berada di sebuah desa sekitar 15 kilometer dari luar kota.

Hingga kini belum ada komentar dari para pejabat pemerintah transisi di wilayah tersebut.

Sebelumnya warga di kota Beled-hawo sudah khawatir akan terjadinya pertempuran berat antara As Shabaab dan tentara pemerintah pada hari Jum'at. (za/maareg)


latestnews

View Full Version