View Full Version
Senin, 22 Nov 2010

Kamp Pengungsi di Yaman Dijadikan Tempat Kaderisasi As Shabbab

SANA'A (voa-islam.com): Para pejabat Yaman mengklaim bahwa terdapat banyak anggota kelompok As Shabbab (Al Qoidah Somalia) yang kini berada di kamp-kamp pengungsi Somalia di Yaman.

Sekarang, pemerintah malah khawatir bahwa kamp-kamp pengungsi seperti Al-Kharaz yang mempunyai rumah 18.000 untuk 300.000 pengungsi asal Somalia di Yaman, bisa menjadi basis untuk merekrut para kader radikal.

Pemerintah juga mengklaim terdapat "link biasa", termasuk transfer senjata antara As Shabbab dan Al Qoidah Jazirah Arab (AQAP), yang dituduh sebagai kelompok yang mengirim paket bom di sebuah pesawat kargo bulan lalu.

"Saya melihat orang-orang Shabbab di jalan-jalan Aden," kata seorang mantan pejabat bandara Somalia yang melarikan diri dengan keluarganya ketika dia dulu diancam dibunuh, ia sekarang tiggal di sebuah pondokan berkamar dua di kamp pengungsi Al-Kharaz.

Ribuan warga Somalia telah melakukan perjalanan menggunakan perahu setiap bulannya melintasi Teluk Aden untuk mengungsi, mereka melakukan perjalanan selama delapan jam untuk sampai ke Yaman. Mereka yang tiba di Yaman banyak yang menderita luka fisik akibat perang yang terjadi di Somalia antara milisi Islam As Shabbab atau Hizbul Islam yang memerangi pasukan pemerintah yang didukung PBB. (za/telegrp)


latestnews

View Full Version