View Full Version
Rabu, 22 Dec 2010

Akhirnya Hizbul Islam Bergabung Dengan Al Shabaab

MOGADISHU (voa-islam.com): Milisi Islam dari Hizbul Islam pimpinan Sheikh Hassan Dahir Aweys akhirnya menggabungkan kelompoknya dengan kelompok pejuang Al Shabaab. Sebelumnya kedua kelompok ini mempunyai pandangan berbeda dan tidak pernah mau berjuang bersama, hanya di beberapa wilayah, pejuang kedua kelompok tersebut kadang bersatu.

Namun setelah perdebatan panjang antara bergabung dengan Al Shabaab atau berseberangan dengan mereka, akhirnya Sheikh Hassan Dahir Aweys memutuskan untuk bergabung bersama Al Shabaab.

Semua basis Hizbul Islam di Afgoe, Elashasha-biyaha dan ibukota Mogadishu telah diambil alih oleh Al Shabaab dan segera nama milisi Hizbul Islam akan berubah menjadi Shabaab.

Namun tidak ada jumpa pers yang diadakan untuk mendeklarasikan persatuan mereka, dan belum didapatkan informasi lebih rinci tentang mengapa Sheikh Hassan Dahir dan para pemimpin puncak Hizbul Islam mengambil keputusan untuk bergabung dengan Al Shabaab.

Keputusan ini berarti mereka tetap akan dapat berjuang di wilayah kekuasaan Shabaab dan mungkin bisa menjadi bagian dari pejabat Shabaab jika kedua pemimpin kelompok memahami satu sama lain, termasuk juga para pejuang asing di Somalia yang memiliki pengaruh besar dalam mengambil keputusan kebijakan Al Shabaab.

Al Shabaab akan menjadi sangat kuat di wilayah kekuasaan mereka dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Somalia yang didukung oleh pasukan perdamaian dari Uni Afrika.

Hizbul Islam sendiri pada beberapa pertempuran terakhir kalah dalam pertempuran melawan tentara Somalia, mungkin ini sebab kelompok tersebut bergabung dengan Al Shabaab yang telah mempunyai kekuatan lebih besar dan sudah kerap kali mengalahkan pasukan pemerintah Somalia. (Za/MRG)


latestnews

View Full Version