View Full Version
Sabtu, 29 Jan 2011

Serangan Taliban Tewaskan Warga Asing di Supermarket Kabul

KABUL (voa-islam.com): Sedikitnya delapan orang tewas dalam serangan bom di sebuah supermarket yang terkenal sering dikunjungi orang asing di ibukota Afghanistan Kabul, ini merupakan salah satu serangan besar Taliban yang menyasar penduduk sipil asing dalam kurun waktu setahun terakhir.

Paling tidak tiga wanita asing tewas, dan enam orang terluka,  kata kepala polisi Kabul, Ayub Salangi.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas ledakan hari Jum'at kemarin dan mengatakan bahwa mereka menargetkan orang asing termasuk kepala sebuah perusahaan keamanan.

Polisi membawa mayat dari lokasi ledakan di supermarket yang berjarak hanya beberapa beberapa ratus meter dari kedutaan Inggris, kondisi supermarket menjadi porak-poranda.

"Kami mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dan itu dilakukan pada saat orang asing berbelanja, termasuk kepala sebuah perusahaan keamanan," kata Zabihuallah Mujahid, juru bicara Taliban.

Mujahid tidak mengatakan apakah sasaran kepala perusahaan itu turut tewas atau ada korban dari perusahaan keamanan tersebut dalam ledakan.

Serangan ini merupakan serangan besar pertama kali terhadap warga sipil Kabul sejak dua pembom terakhir meledakkan diri di dekat pusat perbelanjaan terbesar di kota dan hotel Februari lalu, menewaskan sedikitnya 14 orang.

Namun, ada beberapa serangan dengan sasaran pasukan keamanan asing dan Afghanistan sejak itu.

Meningkatnya kekerasan di Afghanistan serta momen kebangkitan Taliban ini di waspadai keamanan dengan membuat sebuah "cincin baja" yang didirikan di sekitar ibukota sebelum pemilihan parlemen September lalu, hal itu dimaksudkan untuk mencegah upaya serangan oleh Taliban. [Za/jzr]


latestnews

View Full Version