View Full Version
Jum'at, 04 Feb 2011

Satu Lagi Tentara Australia Tewas di Afghanistan

KABUL (voa-islam.com): Departemen Pertahanan Australia telah mengkonfirmasi bahwa salah satu tentara mereka kembali tewas dan lainnya luka-luka dalam ledakan pinggir jalan di Afghanistan.

Kopral Richard Edward Atkinson, 22 tahun, tewas pada hari Rabu di distrik Uruzgan Rahwod Deh, Afghanistan Selatan, ia sedang dalam patroli jalan kaki bersama tentara Afghanistan.

"Dengan penyesalan yang dalam saya harus memberitahu anda bahwa seorang tentara Australia.... telah dibunuh oleh alat peledak improvisasi (IED) di Afghanistan," kata letnan Jenderal David Hurley, kepala pasukan pertahanan, hari Kamis.

"Seorang prajurit lainnya terluka serius dalam insiden tersebut," tambah Hurley seperti dikutip dari AFP.

Kematian terbaru ini membawa jumlah tentara Australia yang tewas di negara Afghanistan menjadi 22 sejak invasi pimpinan Amerika dimulai di Afghanistan tahun 2001, ini menurut rilis resmi departemen pertahanan Australia. Dan untuk tahun 2011 saja, sudah 35 orang tentara Barat yang tewas di Afghanistan sejauh ini.

Sedang pada tahun 2010, jumlah kematian tentara asing di negara yang didera kekerasan berkelanjutan tersebut berjumlah 711 tentara Barat.

Tahun 2010 adalah rekor paling mematikan bagi pasukan Australia di Afghanistan, tercatat hampir setengah dari total kematian pasukan Australia di Afghanistan terjadi pada tahun lalu. Sebanyak 1.550 tentara Australia saat ini ditempatkan di Afghanistan.

Bom pinggir jalan atau IED sejauh ini adalah senjata paling mematikan dari pejuang Taliban yang digunakan dalam melawan pasukan asing serta pasukan Afghanistan dan polisi Afghanistan. [Za/ptv]


latestnews

View Full Version