View Full Version
Selasa, 08 Feb 2011

Seorang Komandan Salafy Jihadi Aljazair Gugur

ALGERIA (voa-islam.com): Tentara Nasional Aljazair pada hari Jum'at menewaskan seorang komandan pejuang Salafy Jihadi Aljazair yang bernama "Bourihane Kamel" atau dikenal sebagai "Kamel Abu Hafsh".

Abu Hafsh dikenal dalam kelompok itu bertugas dalam bidang komunikasi, ia adalah anggota dewan tinggi kelompok tersebut dan koordinator antar komandan daerah bagi kelompok Salafy Untuk Dakwah dan Perang (GSPC). Abu Hafsh gugur dalam sebuah operasi gabungan militer dengan aparat keamanan bersenjata di antara daerah Hizer dan Tikejda di propinsi Bouira, Aljazair.

Situs ennahar.com menulis, persembunyian senjata milik kelompok itu juga ditemukan tentara, serta sebuah kendaraan merk "DFM" yang diduga dicuri dari daerah itu.

Abu Hafsh berasal dari kota Keddara Bouzegza, propinsi Bourmerdes, ia dikenal karena partisipasi aktifnya dalam perencanaan pemboman di ibukota pada tanggal 11 April 2007, dan serangan serupa di bulan Desember serta tindak pidana lain.

Ia merupakan tokoh penting dalam kelompok itu, terutama setelah gugurnya para anggota kelompok tersebut, diantaranya Harek Zoheir alias Sofiane Facila dan Saad Abdulhamid alias Yahya Abu Haitham.

Abu Hafsh lalu ditunjuk oleh kepala organisasi Al Qoidah Maghreb, Abu Musaab Abdulwadud atau Abdulmalik Droukdal, sebagai koordinator diantara para komandan wilayah, ia menggantikan Nuh Abu Qatadah alias Louzai Mourad yang gugur dalam serangan di El Kheither, pada akhir tahun 2009.

Biasanya kelompok tersebut akan langsung menunjuk pengganti Abu Hafsh, sebab seperti diketahui Salafy Jihadi Aljazair atau Al Qoidah Islamic Maghreb memiliki banyak pengikut yang sudah terlibat berbagai operasi penyergapan, tidak sulit bagi kelompok tersebut mencari pengganti Abu Hafsh. [Za/enh]


latestnews

View Full Version