View Full Version
Senin, 25 Apr 2011

476 Tahanan Taliban Kabur dari Penjara Kandahar Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Hampir 500 orang tahanan pejuang Taliban telah melarikan diri dari penjara Kandahar di Afghanistan selatan melalui sebuah terowongan ratusan meter panjangnya, kata para pejabat pada hari Senin.

Kelompok Taliban mengatakan berada di belakang pembobolan penjara besar-besaran tersebut dan bahwa semua orang yang lolos adalah anggota dari organisasi Islam militan tersebut.

'Sebuah terowongan sepanjang ratusan  meter digali dari selatan ke penjara  dan 476 tahanan politik lolos tadi malam, "kata Direktur Jenderal penjara Ghulam  Dastageer Mayar.

Kepala pelaksana polisi Kandahar, Shair Shah Yousufzai, juga menegaskan pearian tersebut, dengan mengatakan: '. Tadi malam beberapa tahanan politik membobol  penjara  dan telah melarikan diri.' Juru bicara Taliban Yousuf Ahmadi mengatakan militan Islam bertanggung jawab untuk pembobolan massal tersebut.

..Para narapidana menggali terowongan sepanjang 360 meter ke selatan penjara. Mereka mulai keluar dari penjara pada 11:00 malam malam lalu dan pagi dini hari ini, 541 tahanan melarikan diri penjara

'Para narapidana menggali terowongan sepanjang 360 meter ke selatan penjara. Mereka mulai keluar dari penjara pada 11:00 malam malam lalu dan pagi dini hari ini, 541 tahanan melarikan diri penjara, "katanya.

"Mereka semua telah aman mencapai marlas kami dan tidak ada pertempuran." Ahmadi mengatakan bahwa 106 adalah komandan Taliban, sementara sisanya prajurit. Pembobolan penjara tersebut merupakan perlarian terbesar kedua dalam tiga tahun terakhir yang menghantam penjara Kandahar. (aa/AFP)


latestnews

View Full Version