View Full Version
Rabu, 13 Jul 2011

CIA Gunakan Penjara Rahasia Untuk Tahan Anggota Al-Shabaab

WASHINGTON (voa-islam.com) - Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) sedang menggunakan fasilitas rahasia di Somalia untuk tujuan memerangi pejuang Islam Al-Shabaab termasuk penjara rahasia di ibukota Somalia, majalah The Nation melaporkan, Selasa.

Laporan itu mengatakan CIA mempunyai "kompleks berdinding luas" di pantai Samudra Hindia yang terlihat seperti sebuah gerbang kecil komunitas, dengan lebih dari selusin bangunan di belakang dinding-dinding pelindung besar.

Menurut majalah The Nation, tempat itu memiliki bandara sendiri dan dijaga oleh tentara Somalia, tetapi semua akses dikontrol pihak Amerika.

..CIA juga menggunakan penjara rahasia yang terkubur di ruang bawah tanah markas National Security Agency Somalia, di mana tahanan yang dicurigai sebagai anggota Al-Shabaab atau memiliki link ke kelompok tersebut ditahan..

The Nation mengatakan upaya tersebut merupakan bagian dari fokus untuk memerangi Al-Shabaab, kelompok pejuang Islam Somalia yang terkait Al Qaeda yang disalahkan untuk sejumlah plot terhadap Amerika Serikat. Dikatakan CIA berusaha untuk membangun "sebuah pasukan pemukul yang mampu melakukan operasi penculikan dan menargetkan operasi-operasi tempur terhadap Al-Shabaab.

Laporan itu mengatakan CIA juga menggunakan penjara rahasia yang terkubur di ruang bawah tanah markas National Security Agency Somalia, di mana tahanan yang dicurigai sebagai anggota Al-Shabaab atau memiliki link ke kelompok tersebut ditahan.

Beberapa tahanan telah ditangkap di Kenya atau lokasi lain, menurut majalah tersebut, yang mengatakan penjara tersebut secara resmi dijalankan oleh NSA Somalia, tapi yang membayar gaji mereka dan menginterogasi para tahanan adalah personil dari intelijen AS. (up/grw)


latestnews

View Full Version