View Full Version
Jum'at, 25 Nov 2011

Taliban Serang Konvoi Logistik NATO, Tewaskan 10 Penjaga Keamanan

FARAH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sedikitnya 10 penjaga keamanan swasta tewas pada Kamis ketika pejuang Taliban menyergap sebuah konvoy logistik yang ditujukkan bagi pasukan NATO-pimpinan AS di barat Afghanistan, seorang pejabat lokal mengatakan.

Para penjaga keamanan swasta tersebut tengah mengawal konvoy ketika mereka diserang di distrik Bakwa provinsi Farah, salah satu jalan raya utama yang menghubungkan wilayah barat ke bagian selatan yang bergolak, kata Naqibullah Farahi, gubernur provinsi Farah.

"Sepuluh penjaga keamanan swasta tewas dan tujuh lainnya terluka dalam penyergapan Taliban, kata Farahi, seraya menambahkan bahwa pejuang Taliban juga membakar 10 truk yang mengangkut suplai bagi pasukan asing tersebut.

Seorang juru bicara untuk kepolisian Afghanistan di wilayah barat negara tersebut, Abdul Rauf Ahmadi mengatakan polisi segera disebar di daerah itu untuk memburu para penyerang.

..Sepuluh penjaga keamanan swasta tewas dan tujuh lainnya terluka dalam penyergapan Taliban..

Taliban senantiasa menyerang konvoi-konvoi suplai pasukan NATO di Afghanistan dan negara tetangga Pakistan, sebagai bagian dari kampanye perjuangan mereka melawan pemerintah Kabul yang didukung Barat yang telah menjatuhkan kekuasaan mereka yang sah pada 2001.

Pada bulan Juli, 31 pekerja dari sebuah agen pembersih ranjau diculik di Bakwa, enam di antaranya tewas dan sisanya dibebaskan.

Serangan terhadap konvoi tersebut datang saat Afganistan tengah bersiap untuk mengambil kendali keamanan menjelang tanggal penarikan pasukan tempur NATO pimpinan AS pada 2014.

Pada putaran pertama dari "transisi keamanan", tujuh daerah telah diserahkan kepada pasukan Afghanistan.

Hamid Karzai, presiden Afghanistan, diperkirakan akan mengumumkan 17 provinsi lainnya sebagai bagian dari fase kedua. (by/afp)


latestnews

View Full Version