View Full Version
Jum'at, 09 Dec 2011

Serangan Roket Hancurkan 20 Truk Suplai NATO di Pakistan

QUETTA, PAKISTAN (voa-islam.com) - Serangan roket dan senjata oleh sekelompok orang tak dikenal terhadap sebuah terminal perbekalan NATO di baratdaya Pakistan hari Kamis (08/12/2011) menghancurkan 20 truk suplai untuk pasukan aliasnsi di Afghanistan, pejabat polisi Pakistan mengatakan.

"Orang bersenjata tak dikenal menembakkan peluru dan sebuah roket ke truk-truk BBM NATO dan kebakaran yang terjadi kemudian melalap lebih dari 20 kendaraan di Quetta, ibu kota provinsi Baluchistan, Pakistan baratdaya," kata polisi senior Malik Arshad kepada AFP.

"Api berkobar di lebih dari 20 kendaraan. Kami tidak tahu apakah ada korban karena kebakaran yang begitu besar masih terjadi," kata Arshad, menambahkan bahwa 10 kendaraan diungsikan dengan aman dari terminal tersebut.

Sejumlah truk barang dan BBM tersebut diparkir di terminal sementara di Quetta setelah Pakistan menutup jalur perbekalan bagi pasukan NATO karena marah atas serangan udara lintas batas persekutuan itu yang menewaskan 24 prajurit Pakistan, lapor AFP.

Menurut pejabat kepolisian itu, regu pemadam kebakaran dan tim penanganan darurat dikerahkan tak lama setelah serangan itu.

Sekretaris dalam negeri Baluchistan, Naseebullah Bazai, mengatakan kepada wartawan di lokasi kebakaran, terdapat 38 kendaraan yang diparkir di terminal itu, salah satu dari tiga terminal yang dibangun di dan sekitar Quetta untuk truk-truk NATO yang terlantar.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, namun Taliban melancarkan serangan-serangan semacam itu di masa silam untuk mengacaukan perbekalan bagi lebih dari 130.000 prajurit internasional pimpinan AS di Afghanistan.

Sebagian besar perbekalan dan peralatan yang diperlukan pasukan asing di Afghanistan dikirim melalui Pakistan, namun pasukan AS semakin sering menggunakan rute alternatif melalui Asia tengah. (by/ant)


latestnews

View Full Version