View Full Version
Ahad, 15 Jan 2012

Kenya Tangkap 29 Warga Uganda yang Ingin Bergabung dengan Al-Shabaab

NAIROBIn, KENYA (voa-islam.com) - Pasukan anti teror Kenya hari Sabtu (14/01/2012) menangkap 29 orang warga Uganda yang dituduh ingin bergabung dengan kelompok pejuang Islam Somalia, Al-Shabaab di Nairobi, Kenya.

28 laki dan seorang wanita tersebut ditangkap oleh pasukan anti teror Kenya dari tempat tinggal mereka di distrik Kasarani Nairobi.

Penduduk dari Maji Mazuri dari distrik Kasarani menaruh kecurigaan terhadap ke 29 orang tersebut dan melaporkan mereka ke militer Kenya. Polisi Kenya membawa mereka ke sebuah kantor polisi terdekat dimana mereka di interogasi dan di identifikasi.

Pihak kepolisian menyatakan bahwa salah satu dari orang-orang yang ditangkap tersebut mengatakan bahwa ia akan pergi ke Somalia untuk bergabung dengan pasukan Al-Shabaab dan bahwa ia dijanjikan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang tinggi jika ia berperang bersama dengan Al-Shabaab.

Seorang petugas anti terorisme Kenya mengatakan kepada Somalia Report bahwa ada seorang perwakilan Al-Shabaab yang tinggal di distrik Karasani yang bertanggung jawab membawa orang-orang Uganda tersebut ke Nairobi dan mengatakan bahwa pasukan anti teror tengah melakukan pencaran terhadap dirinya.

Pemerintah Kenya berencana menyerahkan kasus ke 29 orang tersebut kepada pemerintah Uganda, untuk dilakukan penyelidikan dan persidangan terhadap mereka dengan tujuan mencegah gerakan-gerakan ilegal dari mendukung Al-Shabaab.

Dua bulan lalu pemerintah Kenya juga menangkap sekelompok orang Tanzania yang juga mereka tuduh akan bergabung dengan para pejuang Al-Shabaab di Somalia. (st/sr)


latestnews

View Full Version