View Full Version
Ahad, 05 Feb 2012

Taliban Afghanistan Bantah Mullah Omar Kirim Surat kepada Obama

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban Afghanistan pada hari Sabtu membantah bahwa pemimpin kelompok itu Mullah Mohammad Omar menulis surat ke Gedung Putih tahun lalu.

Gedung Putih menerima surat tahun 2011 yang konon datang langsung dari Mullah Omar, meminta Amerika Serikat untuk mengirimkan tahanan yang sekarang ada penjara Guantanamo sebagai langkah awal Amerika untuk memfasilitasi perdamian di Afghanistan, seorang pejabat pemerintahan Obama mengatakan, Jumat.

"Emirat Islam Afghanistan menolak rumor tak berdasar ini dengan kata-kata sangat keras," kata sebuah pernyataan di situs Emirat Islam Afghanistan.

Surat tersebut, yang ditujukan untuk Presiden Barack Obama, dilaporkan menyatakan ketidaksabaran bahwa Gedung Putih tidak mentransfer lima mantan pejabat senior Taliban keluar dari penjara militer Teluk Guantanamo.

Gedung Putih sendiri "skeptis" surat tersebut benar-benar dari Mullah Omar, kata pejabat itu, meskipun orang lain dalam pemerintahan percaya surat itu adalah otentik.

"Berharap untuk menyerah dari rakyat Afghanistan bagi Amerika adalah keinginan yang tidak realistis dan tujuan yang tidak dapat dicapai dalam sepuluh tahun terakhir," kata pernyataan hari Sabtu tersebut. (st/reuters)


latestnews

View Full Version