View Full Version
Kamis, 01 Mar 2012

6 Orang Tewas dalam Serangan di Pangkalan AS di Nangarhar Afghanistan

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Setidaknya enam orang tewas dalam serangan terhadap pangkalan AS Nangarhar di Afghanistan timur di tengah kemarahan publik yang meningkat setelah penodaan Al Quran oleh tentara Amerika, Press TV melaporkan.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab, tapi beberapa sumber mengatakan para penduduk setempat menyerang pangkalan tersebut sebagai balasan atas pembakaran Al Qur'an di pangkalan udara Bagram yang dikelola AS.

Sementara itu, sebuah bom mobil menghancurkan sebuah kelompok pasukan asing pimpinan AS di Lashkar Gah di provinsi selatan Helmand yang bergolak pada Rabu pagi.

Saksi mata mengatakan ledakan itu meninggalkan sejumlah korban di antara pasukan asing pimpinan Amerika dan warga sipil.

..sebuah bom mobil menghancurkan sebuah kelompok pasukan asing pimpinan AS di Lashkar Gah di provinsi selatan Helmand yang bergolak pada Rabu pagi..

Petugas polisi dan saksi mengatakan ledakan itu menyebabkan sedikitnya tujuh orang terluka, termasuk anggota pasukan asing pimpinan Amerika dan beberapa warga sipil Afghanistan.

Warga Afghanistan telah mengadakan aksi unjuk rasa selama lebih dari sepekan menentang penodaan Al-Qur'an yang dilakukan oleh pasukan AS di Afghanistan pada tanggal 21 Februari lalu.

Setelah penodaan Al-Qur'an Presiden AS Barack Obama mengirim surat kepada rekannya dari Afghanistan Presiden Hamed Karzai, meminta maaf atas tindakan pasukan Amerika di Afghanistan. Obama mengatakan kepada Karzai bahwa insiden itu tidak disengaja.

Warga Afghanistan telah menolak permintaan maaf tersebut dan menuntut penarikan segera semua pasukan asing dari negara mereka. Insiden itu telah memicu protes kemarahan terhadap pasukan AS dan NATO baik yang terjadi di Afghanistan dan negara-negara Muslim lainnya. (by/ptv)


latestnews

View Full Version