View Full Version
Kamis, 26 Apr 2012

4 Polisi Tewas, 16 Ditawan dalam Serangan Taliban di Afghanistan Timur

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Puluhan pejuang Taliban menyerbu pos polisi di provinsi terpencil di timur laut Afghanistan, Badakhshan semalam, menewaskan empat polisi dan menawan sedikitnya 16 lainnya, kata seorang pejabat, Kamis (26/4/2012).

Dua polisi terluka dan tiga lainnya hilang setelah sebuah pertempuran yang intens di provinsi pegunungan distrik Wardaj tersebut, sebuah terusan tanpa hukum ke negara tetangga Pakistan, wakil gubernur provinsi, Shamsul Rahman Shams mengatakan.

"Sejumlah besar pejuang Taliban melakukan serangan. Polisi telah dikalahkan, "katanya kepada AFP dari kota ibukota provinsi Faizabad.

"Enam belas polisi ditawan dan dibawa pergi oleh Taliban. Tiga polisi lainnya juga hilang tapi kita tidak tahu apa yang telah terjadi pada mereka, "kata Shams.

Pejuang Taliban menyita dua truk dan sejumlah besar amunisi.

Pasukan Keamanan Afghanistan, termasuk sekitar 170.000 polisi, dilatih, dilengkapi dan sebagian besar dibayar oleh koalisi militer NATO pimpinan AS yang memiliki sekitar 130.000 tentara untuk memerangi Taliban.

Sebagian besar berasal dari Amerika, pasukan tersebut dijadwalkan untuk menarik diri pada akhir 2014 dan menyerahkan semua tanggung jawab keamanan kepada pasukan lokal. Ketika pasukan asing pergi Afghanistan akan memiliki jumlah total 325.000 pasukan polisi dan tentara.

Dibandingkan dengan rekan-rekan tentara mereka, polisi Afghanistan kurang terlatih dan diperlengkapi dengan dan menderita lebih banyak korban dalam serangan-serangan Taliban. (by/dawn)


latestnews

View Full Version