View Full Version
Rabu, 13 Jun 2012

Al-Shabaab Rebut Distrik Mahaas di Somalia Tengah dari Pasukan Pemerintah

SOMALIA (voa-islam.com) - Laporan-laporan dari daerah Hiiraan di Somalia tengah menunjukkan bahwa kelompok pejuang Al-Shabaab pada hari Senin (11/6/2012) berhasil merebut distrik Mahaas tak lama setelah pasukan dari Pemerintah Transisi federal Somalia (TFG) dan milisi pro-pemerintah Ahlu Sunnah Wal Jamaa (ASWJ) kabur dari wilayah tersebut.

Ini merupakan wilayah kedua yang direbut Al-Shabaab setelah sebelumnya pada Ahad mereka berhasil mengalahkan pasukan Ethiopoia dan milisi Ahlu Sunnah Wal Jamaah di distrik El Bur dan merebut distrik tersebut.

Penduduk setempat dan pejabat ASWJ mengkonfirmasi berita tersebut ke Somalia Report dan penduduk setempat mengklaim bahwa sedikitnya sepuluh kendaraan militer Al-Shabaab dengan ratusan pejuang memasuki Mahaas.

"Saya dapat mengkonfirmasikan kepada Anda bahwa Al-Shabaab mengendalikan distrik Mahaas. Milisi Ahlu Sunnah dan pasukan pemerintah kabur dan kita tidak tahu ke mana mereka menuju, "kata Nur Ahmed, seorang warga di Mahas kepada Somalia. "para pejabat Al-Shabaab berbicara kepada warga dan mengatakan kepada mereka untuk tenang, tapi mereka memasuki beberapa rumah dan menangkap warga setempat, termasuk para sesepuh."

Petugas TFG Abdiwali Hassan Jim'ale, di wilayah Hiiraan, juga menegaskan bahwa pasukan mereka meninggalkan Mahaas, dan namun beralasan hal itu dilakukan sebagai bagian dari strategi militer.

"Pasukan kami tidak di dalam distrik Mahaas, tetapi mereka di pinggiran Mahaas. Kami meninggalkan kota untuk alasan taktis dan kita akan kembali ke sana sesegera mungkin, "katanya kepada Somalia Report.

..Saya dapat mengkonfirmasikan kepada Anda bahwa Al-Shabaab mengendalikan distrik Mahaas. Milisi Ahlu Sunnah dan pasukan pemerintah kabur dan kita tidak tahu ke mana mereka menuju..

Sebelumnya, pada hari Ahad pagi Kelompok Al-Shabaab merebut distrik Elbur di wilayah Galgadud setelah pasukan Ethiopia dan milisi ASWJ lari dari distrik itu.

Seorang saksi mata di distrik Elbur mengatakan Somalia Report pejuang Islam menempatkan diri di kantor polisi, gedung administrasi Elbur dan pangkalan militer utama di daerah tersebut. Penduduk setempat juga  menyatakan bahwa Al-Shabaab menewaskan sedikitnya empat orang di distrik tersebut.

Juru bicara Al-Shabaab Sheikh Ali Mohamud Rage berbicara kepada media pro Al-Shabaab dan mengatakan mereka mengalahkan pasukan Etiopia dan ASWJ di Elbur, seraya bersumpah bahwa mereka akan segera merebut kembali seluruh daerah.

"Larinya mereka dari Elbur membuktikan bahwa orang-orang kafir dan pengikut mereka dikalahkan. Sejak mereka masuk distrik tersebut Mujahidin memberikan mereka kekalahan yang tak terlupakan. Kami memotong semua jalan dan mereka tidak bisa menerima makanan, amunisi atau peralatan lainnya yang mereka butuhkan. Ini adalah awal dari kemenangan konservatif yang kita harapkan, "katanya.

Kehilangan dari distrik Elbur dan Mahaas adalah kemunduran besar bagi TFG dan pasukan sekutu mereka yang berusaha membasmi kelompok pejuang Islam Somalia yang terkait Al- Qaidah tersebut. (st/sr)


latestnews

View Full Version