View Full Version
Jum'at, 31 Aug 2012

Taliban Pakistan Bunuh 20 Tentara Pakistan di Waziristan Selatan, 7 Dipenggal

PAKISTAN (voa-islam.com) - Gerakan Taliban di Pakistan mengatakan telah "memenggal kepala" dari tujuh tentara Pakistan setelah menyerang sebuah pos militer di Waziristan Selatan. Total, Taliban menyatakan telah menewaskan 20 tentara Pakistan dalam serangan itu.

Pernyataan itu dibuat kemarin oleh Ishanullah Ihsan, juru bicara Gerakan Taliban yang terkait Al-Qaidah di Pakistan, dalam sebuah email yang dikirimkan kepada The Long War Journal.

Ihsan mengatakan bahwa 20 tentara Pakistan tewas setelah Taliban menyerang kamp mereka di Badar, dan bahwa 29 senapan serbu, tiga RPG, senapan mesin, sebuah senapan sniper, senapan mesin ringan, dan "ribuan peluru dan banyak peralatan militer kecil" dirampas saat penyerangan tersebut. Ihsan mengatakan tujuh dari tentara dipenggal kepalanya sesuai dengan syariah Islam.

"Mujahidin juga memenggal kepala 7 tentara yang ditangkap sebagaimana Syariah memerintahkan hukum tersebut untuk dilakukan kepada musuh-musuh Islam," kata Ihsan.

Di masa lalu, Taliban sebelumnya merilis video eksekusi dan pemenggalan kepala pasukan Pakistan. Pada tanggal 28 Juni, sebuah video yang menunjukkan kepala 17 tentara Pakistan yang pernah bertugas di distrik Dir dirilis oleh Taliban.

Para pejabat Pakistan menegaskan bahwa pertempuran berlangsung di kamp Badar, dan mengklaim bahwa 18 pejuang Taliban dan hanya delapan tentara yang tewas dalam bentrokan itu, menurut The Nation. Ihsan mengatakan bahwa hanya satu pejuang Taliban yang gugur dalam serangan itu.

Taliban telah memerangi militer Pakistan di wilayah Mehsud di Waziristan Selatan selama hampir tiga tahun. Di musim gugur tahun 2009, militer Pakistan melancarkan operasi untuk mengalahkan Gerakan Taliban di Pakistan, dan pada pertengahan November tahun itu militer mengaku telah mengalahkan kelompok tersebut di Waziristan Selatan. Namun kelompok Taliban menarik sebagian besar pasukannya dari wilayah kesukuan Mehsud dan pindah ke daerah-daerah suku tetangga, menjaga barisan belakang untuk tetap melawan militer Pakistan.

Gerakan Taliban di Pakistan cabang Waziristan Selatan, yang dipimpin oleh Waliur Rahman Mehsud, kemudian kembali ke wilayah suku dan meningkatkan perang melawan militer Pakistan. Sebagian besar pertempuran di Waziristan Selatan diprakarsai oleh Taliban, yang telah menyerang pangkalan dan pos pemeriksaan, dan menyergap konvoi militer.

Meskipun kini hampir tiga tahun sejak militer Pakistan memulai operasi dan mengkalim kemenangan di Waziristan Selatan, hanya satu dari enam daerah target - yaiut Sararogha - yang telah dinyatakan bersih oleh militer, menurut laporan Dawn.com yang diterbitkan pada 5 Agustus. Lima daerah lain - Shawal, Sarwakai, Tairza, Makeen, dan Ladha - masih diperebutkan antara kedua belah pihak. (by/tlwj)

Ket: Eksekusi tentara Pakistan oleh Taliban


latestnews

View Full Version