View Full Version
Senin, 03 Sep 2012

Tuntutan Tak Dipenuhi, Pejuang Islam Mali Eksekusi Diplomat Aljazair

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Anggota dari kelompok pejuang Islam di utara Mali mengatakan mereka telah mengeksekusi salah satu diplomat Aljazair yang mereka culik lima bulan lalu ketika para pejuang mereka menyerbu konsulat Aljazair di kota Gao, menyusul tuntutan mereka yang tidak dipenuhi negara itu.

Pemimpin pejuang Islam Mali Oumar Ould Hamaha mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon Sabtu malam bahwa Gerakan untuk Persatuan dan Jihad di Afrika Barat (dikenal dengan singkatan MUJAO dalam bahasa Prancis), telah mengeksekusi diplomat tersebut untuk memberikan pelajaran kepada Aljazair. Kelompok ini sebelumnya menuntut Aljazair, negara tetangga utara Mali, melepaskan anggota kelompok mereka yang baru saja ditangkap sebagai pertukaran dengan para diplomat tersebut.

"Kami melakukan ini agar Aljazair mempelajari sebuah pelajaran dan memahami bahwa ketika kami memberi ultimatum, mereka perlu untuk menganggap kami serius," kata Hamaha. "Dan sehingga negara-negara lain tahu bahwa ketika diberikan ultimatum dalam hal sandera mereka, mereka harus bertindak."

Informasi blum bisa diverifikasi secara independen, dan Kementerian Luar Negeri Aljazair mengatakan mereka sedang menyelidiki pernyataan pejuang Islam Mali tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui kantor berita resmi Aljazair APS, kementerian seperti dikutip bahwa keluarga para sandera di Mali utara telah bertemu dengan 'sekretaris jenderal Kementerian Luar Negeri  pada hari Sabtu pagi "yang mengingatkan mereka secara khusus bahwa kontak dengan penculik tidak rusak. "

..Kami melakukan ini agar Aljazair mempelajari sebuah pelajaran dan memahami bahwa ketika kami memberi ultimatum, mereka perlu untuk menganggap kami serius..

Kementerian itu menambahkan bahwa krisis itu "sedang ditangani secara terbuka dan (kami) tidak akan gagal untuk menginformasikan keluarga dan masyarakat dalam setiap perkembangan nasional yang baru."

MUJAO adalah kelompok yang relatif baru aktif di padang pasir di bagian utara Mali, tetapi mereka diketahui bersekutu dengan al-Qaidah di Maghreb Islam, atau AQIM, cabang Al-Qaidah lokal yang telah menculik lebih dari 50 orang asing sejak tahun 2003, sebagian besar dibebaskan dalam pertukaran dengan uang tebusan. AQIM, bagaimanapun, telah mengeksekusi beberapa sandera, termasuk seorang pria Inggris, serta lelaki berkebangsaan Perancis menyusul permintaan mereka yang tidak dipenuhi.

Kuasai Douentza

Pada hari Sabtu (1/8/2012) MUJAO menguasai kota strategis Douentza, yang secara signifikan meningkatkan wilayah yang dikuasai pejuang Islam dan bergerak lebih dekat kepada wilayah yang dikuasai pemerintah di pusat Mali.

Sabtu pagi, konvoi truk pickup yang membawa para pejuang Islam masuk Douentza, terletak 800 kilometer timur laut dari ibukota, Bamako. Meski jauh dari ibukota, Douentza hanya berjarak 190 kilometer dari Mopti, yang menandai garis kontrol yang dikuasai oleh militer Mali.

Militer Mali kehilangan kendali dari bagian utara negara itu pada April, termasuk Douentza. Tapi sampai sekarang, pejuang Islam juga tidak menguasai kota tersebut, mengandalkan hanya pada kesepakatan dengan milisi lokal, yang berpatroli di wilayah tersebut.

Hingga Maret, Mali dianggap salah satu negara paling stabil di kawasan itu, dengan sejarah 20-tahun dari penyelenggaraan pemilu yang demokratis.  Semua itu berubah dalam hitungan jam pada tanggal 21 Maret, ketika tentara pemberontak Mali menggulingkan pemerintah terpilih, menciptakan diri mereka sebagai pemimpin baru keesokan harinya. Kudeta tersebut menjatuhkan bangsa ke dalam kekacauan, menyediakan sebuah pembukaan untuk kelompok Islam di ujung utara Mali.

..Jika pernah ada upaya dari militer Mali untuk mengambil kembali wilayah utara, maka dalam waktu kurang dari 24 jam, kami akan mengambil alih secara penuh Bamako dan bendera hitam kelompok pejuang Islam akan berkibar di atas koulouba..

Para pejuang Islam sejak itu telah membuat keuntungan besar, mengambil seluruh bagian utara Mali, termasuk Timbuktu.

Sejak April, bagaimanapun, garis tidak resmi dari kontrol antara pemerintah yang mengontrol wilayah selatan dan utara yang dikuasai pejuang Islam belum bergeser. Perkembangan Sabtu menunjukkan kelompok pejuang Islam mungkin memiliki ambisi keluar dari utara yang jarang penduduknya dan sebagian besar terdiri dari padang pasir.

Ditanya apakah mereka berencana untuk mempertahankan Douentza, Hamaha mengatakan: "Kami tidak pernah mundur Bahkan jika kita tidak maju lebih jauh, kita tidak akan mundur.."

Namun, ketika ditanya secara spesifik jika mereka berencana untuk mencoba untuk mengambil alih Bamako, dia mengatakan bahwa mereka hanya akan maju ke ibukota jika militer Mali memprovokasi mereka.

"Jika pernah ada upaya dari militer Mali untuk mengambil kembali wilayah utara, maka dalam waktu kurang dari 24 jam, kami akan mengambil alih secara penuh Bamako dan bendera hitam kelompok pejuang Islam akan berkibar di atas koulouba," katanya merujuk pada nama istana presiden di ibukota Mali. (by/AP)


latestnews

View Full Version