View Full Version
Selasa, 09 Oct 2012

Dua Mujahidin AQAP Bergabung dengan Kelompok Abu Sayyaf di Filipina

MINDANAO, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Abu Sayyaf mengumukan bahwa dua orang anggota AQAP, yang tidak disebutkan namanya, telah bergabung dengan kelompok mereka untuk berjuang bersama di Filipina Selatan.

Dalam pernyataan di sebuah forum Jihad, seorang mujahid yang dikenal sebagai Abu 'Atikah al Muhajir memposting beberapa foto yang dimaksudkan untuk menunjukkan dua "singa dari Jazirah Arab" yang bergabung dengan kelompoknya di Filipina selatan. Foto-foto tersebut dan sebuah pernyataan singkat yang menyertainya pada 2 Oktober dan diperoleh oleh Kelompok Intelijen SITE, yang juga menerjemahkan pernyataan itu. Identitas dua pejuang AQAP tidak disediakan, dan wajah orang-orang dalam gambar telah dihitamkan.

Abu 'Atikah mengidentifikasi dirinya sebagai salah satu dari "saudara mujahidin Anda di Kelompok Tauhid dan Jihad di Tanah Kebanggaan Filipina" dan mengkaitkan pernyataan untuk "Emirat Islam Mindanao (Segera)."

Pada 3 Oktober, satu hari setelah foto-foto tersebut diposting, Abu 'Atikah merilis sebuah pernyataan yang mengumumkan kematian seorang "saudara" yang dikenal sebagai Abdullah. Menurut pernyataan itu, yang disertai dengan foto-foto mujahdin yang gugur, Abdullah meninggal dalam bentrokan di dekat Cotabato di Pulau Mindanao.

Kelompok-kelompok terkait Al-Qaidah seperti Abu Sayyaf dan Jemaah Islamiyah telah lama beroperasi di Filipina selatan dan telah dilindungi oleh kelompok-kelompok Islam lokal seperti Front Pembebasan Islam Moro (MILF) dan kelompok sempalannya, Bangsamoro Islamic Freedom Movement. (by/tlwj)


latestnews

View Full Version