View Full Version
Selasa, 04 Dec 2012

Al-Shabaab Sergap Konvoi Mendagri Somalia di Marko, Tewaskan 10 Tentara Pemerintah

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Somalia, Al-Shabaab menewaskan sedikitnya sepuluh tentara pemerintah Somalia dalam sebuah penyergapan yang menargetkan konvoi Menteri Dalam Negeri Somalia, Abdikarin Hussein Guled, Senin (3/12/2012).

Abdikarim Hussein Guled sendiri lolos dari penyergapan yang terjadi selama ia mengunjungi Marko, sebuah bekas benteng Al-Shabaab yang terletak 110km selatan Mogadishu, laporan mengatakan.

Abdikarim Hussein Guled melakukan perjalanan yang jarang terjadi ke luar Mogadishu pada Senin ketika konvoi kendaraannya diserang oleh para pejuang Al-Shabaab di pinggiran kota Shalanbod, sebuah jalan utama sekitar 90 kilometer utara ibukota.

Sebuah bom pinggir jalan menghancurkan sebuah kendaraan yang membawa pengawal kementrian dalam negeri yang disusul pertempuran berhadap-hadapan dari kedua belah pihak.

Sedikitnya 10 tentara Somalia tewas dalam penyergapan tersebut namun Menteri Dalam Negeri dapat melanjutkan perjalannya, seorang pejabat keamanan Somalia mengatakan.

Menteri Dalam Negeri melakukan perjalanan kembali ke ibokota Mogadishu dengan menggunakan kendaraan lapis baja dengan pengawalan ketat dari pasukan Uni Afrika dan pasukan pemerintah Somalia.

Meski telah didorong keluar oleh pasukan koalisi dari benteng-benteng utama mereka seperti di Mogadishu dan juga yang terakhir Kismayo, para pejuang Islam Al-Shabaab masih mampu melancarkan serangan-serangan mematikan yang menyababkan kerugian besar terhadap pasukan pemerintah Somalia dan para sekutunya dari Uni Afrika. (an/shabelle)


latestnews

View Full Version