View Full Version
Kamis, 14 Feb 2013

Taliban Bantah Bertemu Ulama Pakistan Fazlur Rahman di Qatar

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Taliban di Afghanistan pada hari Rabu (13/2/2013) membantah laporan mengenai pertemuan perunding Taliban dengan kepala Jamiat-e-Ulema Islam-Fazl (JUI-F) Fazlur Rahman di Qatar.

Menurut laporan-laporan Fazlur Rehman melakukan perjalanan ke Qatar dalam upaya untuk bertemu dengan perwakilan kelompok Taliban dan "mendorong para negosiator untuk berbicara dengan pemerintah Afghanistan."

Sumber yang dekat dengan Taliban di Qatar, telah mengkonfirmasi ke Pakistan Ekspres Tribune bahwa Rahman menggelar satu putaran pembicaraan dengan negosiator Taliban di Qatar dan bahwa perundingan lebih lanjut sedang direncanakan.

Kepala JUI-F - yang sebelumnya dijadwalkan pulang pada hari Selasa - juga telah memperpanjang tinggalnya di negara itu, kata sumber tersebut.

Sumber lain JUI-F di Pakistan, sebelumnya mengatakan kepada The Express Tribune, bahwa Rahman telah pergi ke Qatar untuk bertemu dengan perwakilan dari Taliban Afghanistan untuk "mengurangi kesenjangan" antara Taliban dan pemerintah Karzai.

Namun kelompok pejuang Taliban di Afghanistan dalam sebuah pernyataan menolak laporan tersebut dan menyebut hal itu tidak benar.

Pernyataan itu lebih lanjut menambahkan, "Beberapa media telah melaporkan bahwa kepala Jamiat Ulama Islam Pakistan, yang terhormat Maulana Fazl Rahman, mengunjungi Qatar untuk bertemu dengan yang terhormat kepala dan pejabat lainnya dari Kantor Politik Imarah Islam Afghanistan untuk memainkan peran sebagai perantara pembicaraan dengan pemerintah Kabul. "

"Kami harus menyatakan bahwa tidak ada anggota atau kepala Kantor Politik Imarah Islam Afghanistan bertemu dengan siapa pun dan mereka juga tidak berencana untuk bertemu dalam waktu dekat. Semua laporan saat ini dan masa depan dalam hal ini adalah pandangan pribadi dari penerbit yang tidak memiliki dasar. "Kata Taliban dalam pernyataan tersebut.

Sementara itu juru bicara kelompok Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan, "Kami ingin membuat jelas bahwa yang terhormat kepala kantor politik Imarah Islam dan anggota lain dari kantor tersebut di Qatar tidak bertemu siapa pun atau pun setiap pertemuan semacam itu telah masuk pertimbangan. "

Taliban sejauh ini menolak untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan, yang mereka katakan sedang tak berdaya dan diinstal oleh orang asing. (st/kp)


latestnews

View Full Version