View Full Version
Sabtu, 25 May 2013

7 Tentara Filipina Tewas 9 Terluka Disergap Abu Sayyaf di Kota Patikul

SULU, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Tujuh tentara marinir Filipina tewas dan sembilan lainnya terluka dalam bentrokan sengit dengan pejuang Abu Sayyaf pada hari Sabtu (25/5/2013) di provinsi Sulu Filipina selatan, para pejabat militer mengatakan.

Seorang komandan militer  setempat mengatakan pejuang Abu Sayyaf menyergap patroli tentara yang sedang mengejar para pejuang Islam di kota pantai Patikul di provinsi Sulu sehingga memicu baku tembak.

Komandan tersebut juga mengklaim bahwa 4 anggota Abu Sayyaf gugur dan sejumlah lainnya terluka.

Juru bicara militer Brigadir Jenderal Domingo Tutaan mengatakan pertempuran antara marinir Filipian dan pejuang Abu Sayyaf tersebut pecah selama satu jam di sebuah desa di pinggiran Patikul.

Para tentara marinir tersebut tengah memburu para pejuang Islam yang dipercaya dipimpin oleh Julaswan Sawadjan, seorang komandan Abu Sayyaf yang disalahkan oleh pihak berwenang untuk beberapa penculikan, dia menambahkan.

Abu Sayyaf dianggap sebagai kelompok terkecil, diperkirakan berjumlah 300 orang, tapi sangat radikal dibanding gerakan pejuang Islam lain di Filipina selatan.

Kelompok ini aktif di wilayah tersebut, di mana minoritas Muslim telah berjuang untuk pemerintahan sendiri selama beberapa dekade.

kelompok utama pejuang Islam Filipina, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), tahun lalu menandatangani perjanjian perdamaian dengan pemerintah dalam pertukaran untuk otonomi luas.

Tapi Abu Sayyaf adalah salah satu kelompok pejuang Islam yang menolak untuk mendatangani kesepakatan damai tersebut. (an/bbc,me)


latestnews

View Full Version