View Full Version
Ahad, 15 Sep 2013

Taliban Pakistan Bebaskan 8 Pegawai Pemerintah yang Mereka Culik

PESHAWAR, PAKISTAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Taliban Pakistan hari Sabtu (14/9/2013) membebaskan delapan pegawai pemerintah yang bekerja untuk proyek bendungan Zam Gomal di Waziristan selatan setelah menahan mereka setahun lebih.

Seorang juru bicara kantor Gubernur di Peshawar mengkonfirmasi bahwa semua delapan pekerja telah dibebaskan.

Para pekerja proyek itu- Petugas Sub-Divisional Shahid Ali Khan , Sub-Insinyur Sanaullah, empat personel keamanan dan dua staf lain, diculik pada 15 Agustus 2012, sementara mereka bepergian ke Tank dari situs bendungan di Waziristan Selatan .

Sebulan setelah penculikan mereka, Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) merilis sebuah video dari para pegawai yang diculik yang memohon kepada pemerintah untuk memenuhi tuntutan pejuang Islam dan mengatur pembebasan mereka.

Pembebasan tersebut berlangsung di wilayah Waziristan Selatan pada hari Sabtu setelah negosiasi yang sukses antara jirga (dewan suku) dan pejuang Islam.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan delapan orang itu dirilis sebagai " niat baik " dari para mujahidin.

Peristiwa itu terjadi dua hari setelah pemerintah meresmikan bendungan yang terletak di wilayah Khajori Khatch di Waziristan Selatan yang dilanda pemberontakan.

Pada hari Senin, para pemimpin militer dan intelijen dan semua partai politik besar berkumpul bersama di Islamabad pada Konferensi Semua Pihak (APC) dan memutuskan untuk memulai dialog dengan pejuang Islam Taliban yang memerangi negara itu.

Seorang juru bicara TTP menyambut baik tawaran pembicaraan damai, dan ada laporan yang belum dikonfirmasi tentang pertemuan syura (dewan tertinggi) Taliban untuk membahas tawaran tersebut.

Akhir pekan ini, pasukan keamanan dan Pejuang Taliban Pakistan dilaporkan telah bertukar tahanan sebagai ukuran membangun kepercayaan menjelang kemungkinan perundingan perdamaian. Pertukaran - enam pejuang TTP dan dua tentara paramiliter Korps Perbatasan - dikatakan telah terjadi di daerah Shawal dari Waziristan Selatan.

Tidak jelas apakah pelepasan pekerja bendungan Zam Gomal pada Sabtu terkait dengan hal apapun hasil dari APC awal pekan ini. (ab/dawn)


latestnews

View Full Version