View Full Version
Rabu, 25 Sep 2013

Seorang Mujahid Asal Prancis Gugur Syahid (Insyallah) di Aleppo Suriah

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Seorang mujahidin asal Prancis yang bertempur bersama sebuah batalyon Islam gugur Syahid (Insyallah) saat berjuang melawan pasukan reguler Bashar Al-Assad, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SHOR) melaporkan Rabu (245/2013).

SHOR yang berbasis di Inggirs dan memperoleh informasi dari jarigan aktivis dan dokter di lapangan melaporkan warga Praancis yang tidak disebutkan namanya tersebut gugur saat bertempur di jalan antara bandara internasional Aleppo dan wilayah Ma'amel al-Difa 'al-Ramousa.

Kelompok pemantau tersebut juga tidak menjelaskan kapan dia gugur.

Saat ini diperkirakan antara 180 hingga 200 warga negara Prancis telah melakukan perjalanan ke Suriah pada tahun lalu untuk bergabung dengan pemberontakan melawan Presiden Bashar Al-Assad yang telah berlangsung dua tahun lebih, surat kabat Le Monde melaporkan Sabtu (25/5/2013), mengutip angka dari badan layanan keamanan internal DCRI dan external DGSE.

Angka itu, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sekitar 50 orang, termasuk pejuang yang mengangkat senjata dengan kelompok pejuang Islam seperti Jabhat Al-Nusrah yang terkait Al-Qaidah. Sekitar dua lusin dari mereka sudah kembali ke Prancis.

Surat kabar itu juga mengutip sumber keamanan yang mengatakan Prancis khawatir tentang risiko serangan oleh orang-orang yang telah pulang dari konflik tersebut.

Tapi sumber-sumber keamanan mengatakan mereka tidak memiliki sarana hukum untuk memantau para pejuang secara efektif karena terlalu sedikit yang diketahui tentang brigade Islam dimana mereka telah bergabung untuk membenarkan interogasi dan pengawasan yang ketat.

Le Monde melaporkan bahwa sementara sekitar 20 mujahid Prancis telah berada kembali di Prancis, hanya satu orang yang telah dipenjara - seorang warga negara Prancis berusia 25 tahun asal Korea bernama Flavien Moreau yang bertempur dengan kelompok pejuang Islam Ahrar Al-Shaam di Suriah. (ab/shor)


latestnews

View Full Version