View Full Version
Rabu, 30 Oct 2013

Dalam 7 Bulan Terakhir Taliban Luncurkan 6000 Serangan di Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pejuang Islam Taliban di Afghanistan telah melakukan 6000 serangan di seluruh negeri dalam 7 bulan terakhir dan menewaskan lebih dari 2000 pasukan keamanan Afghistan, para pejabat di kementerian urusan dalam negeri mengatakan.

Jenderal Salim ehsas, Kepala pasukan polisi Afghanistan di kementerian dalam negeri Afghanistan mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (29/10/20130), serangan pejuang Islam tersebut menewaskan sekitar 1.273 anggota kepolisian ketertiban umum Afghanistan dan 779 petugas Polisi Daerah Afghanistan (ALP).

Dia juga menambahkan sekitar 856 warga sipil tewas akibat serangan dan ledakan selama periode yang sama, sementara 5.000 orang lainnya termasuk warga sipil dan polisi terluka.

Ofensif musim panas

Kelompok pejuang Taliban di Afghanistan pada April lalu secara resmi meluncurkan ofensif musim panas dengan nama operasi "Khalid bin Walid".

Ofensif musim panas sendiri merupakan operasi terbuka besar-besaran yang dilakukan Taliban setiap tahunnya terhadap pasukan pemerintah Afghanistan dan asing termasuk instansi-instansi terkait mereka.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kelompok Taliban, serangan musim panas "Khalid bin Walid" dilakukan dengan menggunakan taktik militer khusus dalam menyerang militer asing di seluruh negeri termasuk penggunaan serangan penyusup oleh pejuang Islam yang berbasis di dalam institusi militer.

Kelompok pejuang Islam Afghanistan tersebut juga mendesak  secara ketat mencegah terjadinya korban sipil dan menyerukan warga sipil biasa untuk menghindari dari berlalu-lalang di dekat pangkalan militer pasukan asing, tinggal dan berhenti bekerja untuk militer asing. (ab/kp)


latestnews

View Full Version