View Full Version
Selasa, 05 Nov 2013

Taliban Pakistan Terbitkan Gambar Hakimullah Mehsud Sebelum Pemakaman

PAKISTAN (voa-islam.com) - Sebuah gambar yang dimaksudkan untuk menunjukkan wajah Hakimullah Mehsud, amir dari Gerakan Taliban Pakistan (TTP) yang terkait Al-Qaidah, diterbitkan oleh sayap media resmi kelompok tersebut. Hakimullah dibunuh oleh AS dalam serangan pesawat tak berawak di Waziristan Utara pada 1 November lalu.

Gambar dari Hakimullah Mehdus diterbitkan pada halaman Facebook dari Umar Media, media propaganda resmi Gerakan Taliban di Pakistan, menurut SITE Intelligence Group, yang memperoleh foto itu. Gambar tersebut menunjukkan Hakimullah "sebelum pemakamannya," kata SITE.

"Umar Media memposting versi dari gambar yang menunjukkan Hakimullah Mehsud kala masih hidup dan setelah meninggal pada halaman Facebook-nya," kata SITE.

Foto Hakimullah itu adalah konfirmasi akhir bahwa Hakimullah Mehsud memang gugur dalam serangan pesawat tak berawak 1 November di desa Darpa Khel Danday di daerah Miramshah Waziristan Utara. Daerah ini dikelola oleh Jaringan Haqqani, sub kelompok Taliban yang beroperasi di Afghanistan dan Pakistan, dan terkait erat dengan Al-Qaidah.

Hakimullah Mehsud telah dilaporkan gugur dalam serangan pesawat tak berawak, atau bahkan dalam perseteruan dengan seorang pemimpin Taliban yang kemudian menjadi wakilnya, beberapa kali di masa lalu. Namun rumor itu terbantahkan dengan munculnya Hakimullah dihadapan publik.

Sejak kematian Hakimulah Mehsud, Taliban Pakistan telah menunjuk Asmatullah Shaheen Bhittani, seorang komandan militer lama dan kepala dewan eksekutif Gerakan Taliban di Pakistan, untuk bertugas sebagai amir sementara, juru bicara terkemuka TTP mengatakan hari Ahad.

Khan Said, yang juga dikenal sebagai Sajna Mehsud, dianggap calon paling kuat untuk menggantikan Hakimullah Mehsud sebagai pemimpin Gerakan Taliban di Pakistan. Pemimpin Taliban lainnya yang dianggap pantas untuk mempimpin TTP adalah Omar Khalid al Khorasani, pemimpin TTP cabang Mohmand yang terkait erat dengan Al-Qaidah, Mullah Fazlullah, komandan yang bertanggung jawab atas pasukan di Swat dan Divisi Malakand, dan seorang komandan yang dikenal sebagai Ghalib Mehsud. (st/tlwj)


latestnews

View Full Version