View Full Version
Jum'at, 11 Jul 2014

Mujahidin Pimpinan Negara Islam Terobos Masuk Pangkalan Militer Irak di Provinsi Diyala

DIYALA, IRAK (voa-islam.com) - Mujahidin Sunni pimpinan Negara Islam (IS) yang memerangi pasukan yang setia kepada Perdana Menteri Syi'ah Irak Nuri al-Maliki menerobos masuk ke sebuah pangkalan militer di provinsi Diyala timur laut Baghdad pada hari Kamis (10/9/2014), sumber keamanan dan seorang pejabat setempat mengatakan.

Mereka mengatakan mujahidin bergerak ke pangkalan di tepi Muqdadiya kota, 80 km timur laut dari ibukota. Sisi utara kota itu sudah di bawah kendali mereka sebelum bentrokan Kamis.

Daerah di sekitar Muqdadiya telah mnyaksikan pertempuran berkelanjutan dalam beberapa pekan terakhir ketika para pejuang yang dipimpin oleh kelompok mujahidin Negara Islam (IS) yang sebelumnya bernama Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS), merebut kota Mosul dan menyapu bagian selatan menuju Baghdad.

Sumber keamanan mengatakan para mujahidin yang menerobos masuk itu termasuk ratusan pejuang Arab non-Irak, bersenjata lengkap dan beberapa mengendarai tank. Negosiasi sedang berlangsung melibatkan syekh suku lokal untuk gencatan senjata, kata sumber itu.

Seorang pejabat setempat membenarkan mujahidin telah menerobos pangkalan militer, meskipun ia mengklaim mereka akan memukul mundur mujahidin. "Mereka mampu mengendalikan bagian markas tapi kami akan merebutnya kembali dari mereka," katanya, meminta namnya untuk tidak diidentifikasi. (an/ahram)


latestnews

View Full Version