View Full Version
Jum'at, 19 Sep 2014

Mujahidin Ahrar Al Sham Menunjuk Syar'i Baru

IDLIB (voa-islam.com) - Ledakan dahsyat pekan lalu yang menyebabkan syahidnya selusin tokoh senior dalam gerakan mujahidin asli Suriah, Ahrar Al Syam tidak menyebabkan mujahidin patah arang. Justru sebaliknya, mujahidin semakin bersemangat dan semakin kuat. Bahkan kini Ahrar al Sham pun telah menunjuk pegawai Syariah baru pada hari Selasa (16/9/2014) menggantikan pegawai syariah lama yang telah syahid -insyaaAllah- sebagaimana dikutip zaman al wasl, kamis (19/9/2014).

Mufti (syar'i) baru atau ulama yang menangani semua urusan berdasarkan syariah Islam, Syaikh Abu Muhammad al-Sodiq berasal dari lingkungan yang sama dengan sebagian besar pemimpin Ahrar Al Sham lainnya. Lingkungan yang dikenal sebagai "Penjara Militer Sednaya" tempat rezim  menahan ribuan lawan-lawannya dari berbagai pihak dan yang paling penting dari Gerakan Islam.

Syaikh al-Sodiq sebagai pemimpin umum gerakan "Abu Abdullah al-Hamwi" pernah ditahan  antara tahun 2005 dan 2011, dan keluar ketika rezim diguncang revolusi dan kemudian membebaskan tokoh oposisi Islam di bawah keputusan yang disebut "Amnesti Umum".

Syaikh Al Sodiq bergabung dengan fakultas Syariah Universitas Allepo dan lulus pada tahun 1995.

Setelah bebas dari penjara ia bekerja di bidang pendidikan Syariah, secara umum dan SMA Syariah di pedesaan Aleppo.

Syaikh Al Sodiq bersama teman akrabnya; Abu Abdullah al-Hamwi, Abu al-Shami Yazan, Abu Abdul-Malik, dan puluhan pemimpin lainnya yang syahid -insyaaAllah- dalam operasi yang sangat ambigu di kota "Ram Hamdan" membentuk gerakan Ahrar Al Sham.

Sejak awal revolusi Suriah, Syaikh Al-Sodiq telah bekerja pada "file Syariah", beliau membimbing calon wisudawan dari program pendidikan agama di Aleppo dan Idlib.

Beliau juga berpartisipasi dalam pembentukan pengadilan Syariah dan badan hukum Syariah di daerah yang telah dibebaskan Mujahidin. Kemudian, beliau pernah menjadi presiden "Komite Syariah" di Aleppo, selain menjadi kepala Dewan Syariah Aleppo dan sekitarnya. (aj/dbs)

Baca Juga :

Mujahidin Ahrar Asy Syam Umumkan Kepemimpinan Baru

4 Brigade Mujahidin Suriah Masuk ke Dalam Jabhah Islamiyah


latestnews

View Full Version