View Full Version
Senin, 26 Jan 2015

Boko Haram Rebut Kota Monguno Setelah Bentrokan Sengit dengan Militer Nigeria

MONGUNO, NIGERIA (voa-islam.com) - Mujahidin Boko Haram telah merebut kota Monguno di timur laut Nigeria setelah bentrokan sengit dengan militer negara Afrika Barat tersebut, sumber-sumber keamanan mengatakan.

"Kami melawan mereka sepanjang malam tapi mereka mengambil alih kota, termasuk barak militer di sana," kata seorang perwira senior militer Nigeria, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pada hari Ahad (25/1/2015).

Sumber militer lain menegaskan bahwa mujahidin telah merebut kota, yang terletak sekitar 137 kilometer dari ibukota negara bagian Borno, Maiduguri.

"Pasukan kami harus menarik diri setelah memerangi teroris selama beberapa jam. Mereka datang dengan kekuatan penuh dan pada akhirnya mengalahkan orang-orang kami," kata sumber itu.

Sebelumnya pada hari itu, pasukan Nigeria telah menggagalkan serangan oleh Boko Haram di kota-kota terdekat dari Maiduguri dan Konduga.

Juru bicara Pertahanan Nigeria Chris Olukolade mengklaim jam malam 24 jam telah diberlakukan di Maiduguri setelah bentrokan.

Boko Haram, yang namanya berarti "pendidikan Barat dilarang," mengontrol sebagian besar timur laut Nigeria.

Kelompok ini telah menyatakan bertanggung jawab atas sejumlah serangan mematikan di berbagai bagian Nigeria sejak 2009. Lebih dari 10.000 orang sejauh ini telah tewas dalam serangan yang telah menyebar ke negara tetangga Chad dan Kamerun.

Kamerun meluncurkan serangan udara terhadap Boko Haram pada tanggal 28 Desember tahun lalu setelah hampir 1.000 mujahidin Boko Haram menyerang sebuah kamp militer yang terletak di dekat perbatasan utara negara itu, memaksa pasukan Kamerun melarikan diri. (st/ptv)


latestnews

View Full Version