View Full Version
Kamis, 29 Jan 2015

Serangan Al-Qaidah di Al-Bayda Tewaskan 7 Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman

AL-BAYDA, YAMAN (voa-islam.com) - Setidaknya tujuh pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman telah tewas ketika tersangka mujahidin Al-Qaidah melakukan serangan di provinsi pusat negara itu Al-Bayda.

"Orang-orang bersenjata tidak dikenal diyakini anggota Al-Qaidah menyerang sebuah rumah seorang pemimpin suku yang berkomplot dengan kelompok Houthi di kota Rada, menewaskan sedikitnya tujuh orang di dalam," seorang pejabat lokal, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pada hari Rabu (28/1/2015).

"Para korban sedang dalam pertemuan dengan pemimpin suku di dalam rumah ketika serangan bersenjata terjadi," kata pejabat itu, menambahkan bahwa kedua belah pihak yang terlibat dalam baku tembak yang berlangsung selama sekitar setengah jam.

Selama beberapa bulan terakhir mujahidin Al-Qaidah telah terlibat bentrokan sengit dengan pemberontak Syi'ah Houtsi, yang telah melakukan kudeta di Yaman sehingga  berhasil memaksa Presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi dan Perdana Menteri Khalid Bahah mundur dari jabatan mereka. Al-Qaidah kini menjadikan Syi'ah Houtshi sebagai musuh utama disamping musuh tradisional AQAP dari pemerintah dan pasukan keamanan Yaman.

Kaki tangan Syi'ah Iran di Yaman tersebut, yang berusaha mencaplok wilayah lain di Yaman yang mayoritas Sunni, kini harus merasakan pil pahit sebagaimana yang dirasakan pasukan keamanan Yaman sebelumnya dimana mereka telah menjadi target berbagai serangan setiap hari dari mujahidin afiliasi Al-Qaidah seperti pemboman, penyergapan atau pun pembunuhan yang terhadap para anggota dan pemimpinnya. (st/ptv)


latestnews

View Full Version