View Full Version
Senin, 06 Apr 2015

Kelompok Jihad Hizbul Islam Afghanistan Dukung Saudi Perangi Pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Hizbul Islam yang merupakan salah satu faksi mujahidin terkemuka dalam memerangi invasi Soviet di Afghanistan dan mengangkat senjata terhadap pemerintah dukungan Barat Afghanistan setelah jatuhnya Taliban telah mengumumkan dukungannya terhadap koalisi yang dipimpin Arab Saudi melawan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman.

Pemimpin Hizbul Islam Gulbuddin Hikmatyar telah menunjukkan kesiapan mereka untuk memainkan perannya untuk membantu Arab Saudi dalam kampanye mencegah kemajuan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman.

Gulbuddin Hikmatyar mengatakan ia siap untuk memperluas setiap kemungkinan dukungan bagi Arab Saudi untuk mengambil bagian dalam krisis di Yaman.

Hizbul Islam bertanggung jawab atas beberapa serangan mematikan di Afghanistan termasuk salah satu yang menyebabkan 15 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di ibukota Kabul pada Mei 2013.

Serangan itu dilakukan pada konvoi pasukan asing meski ada warga sipil yang menderita korban.

Kampanye udara Arab Saudi di Yaman terhadap pemberontak Syi'ah dukungan Iran tersebut dimulai pada 26 Maret lalu dalam upaya untuk memulihkan legitimasi presiden Yaman yang diperangi, Abdu Rabbu Mansour Hadi, sekutu dekat Riyadh.

Sekitar 10 negara lainnya kemudian bergabung dengan serangan udara tersebut. (st/kp)


latestnews

View Full Version