View Full Version
Ahad, 19 Apr 2015

Al-Shabaab Serang Konvoi AMISOM di Somalia Selatan, 5 Tentara Tewas 2 Kendaraan Dibakar

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok mujahidin Al-Shabaab menyerang sebuah konvoi pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika (AMISOM) pada hari Ahad (19/4/2015) di Somalia selatan, menewaskan 5 tentara dan membakar dua kendaraan, kata juru bicara Al-Shabaab.

Al-Shabaab mengatakan mereka telah meluncurkan serangan tersebut di dekat kota Leego, di wilayah selatan Shabelle Bawah.

Syaikh Abdul Azis Abu Musab, juru bicara operasi militer Al-Shabaab, mengatakan kepada Reuters lima tentara AMISOM tewas dan dua kendaraan hancur. 

Misi Uni Afrika untuk Somalia (AMISOM) tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar segera. 

Warga mengatakan, puluhan mujahidin bersenjata menyerang konvoi AU, mendorong baku tembak hebat.

Sementara itu, Kolonel Mohamed Aden, seorang perwira senior militer Somalia, mengaku kepada Reuters dari Leego bahwa ia telah melihat setidaknya tiga tentara AMISOM terluka dan dua kendaraan terbakar. 

Dia mengatakan angka korban bisa lebih tinggi.

Kelompok afiliasi Al-Qaidah di Somalia, yang ingin menggulingkan pemerintah sekuler dukungan Barat dan menerapkan hukum Islam di negara Tanduk Afrika tersebut, telah diusir dari benteng utama mereka oleh pasukan Afrika dan Somalia namun terus menakut-nakuti pasukan pemerintah dan Uni Afrika dengan meluncurkan berbagai serangan bom dan senjata terhadap pejabat, politisi dan pasukan keamanan Somalia dan AMISOM.

Pekan lalu Al-Shabaab menyerang sebuah gedung pemerintah yang menjadi tempat bagi dua kementerian Somalia di jantung Mogadishu, menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai puluhan lainnya. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version