View Full Version
Selasa, 09 Feb 2016

Ansar Al Syariah Tembak Jatuh Sebuah Jet Tempur Libya di Derna

DERNA, LIBYA (voa-islam.com) - Sebuah kelompok afiliasi Al-Qaidah di Libya, Ansar al Syariah, mengatakan telah menembak jatuh sebuah jet tempur pemerintah Libya pada Senin (8/2/2016) pagi, The Long War Journal melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan tanggung jawab yang diposting di Twitter feed sayap propaganda (Al Rayah Media) dan stasiun radio yang dikelola Ansar Al Sharia, kelompok itu mengatakan bahwa brigade pertahanan udara khusus bertanggung jawab untuk menembak jatuh jet tersebut. Meski tidak ada rincian lebih lanjut tentang penembakan tersebut namun kelompok ini menampillkan puing-puing dari pesawat tempur yang telah mereka tembak jatuh.

Kepala staf angkatan udara pemerintah Libya yang didukung Barat, Brigadir Jenderal Saqr al-Jaroushi, mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa pesawat itu memang ditembak jatuh. Pesawat tempur Libya MIG 32 "tengah menghantam posisi militan Daulah Islam (IS) dan milisi lainnya di kota timur Derna ketika diserang oleh senjata anti-pesawat," menurut AP.

Al-Jaroushi mengatakan "pilot keluar (dari pesawat) dan mendarat dengan selamat."

Meskipun IS telah tumbuh secara signifikan di Libya sejak 2014, kepemimpinan Ansar al Syariah tetap setia kepada Al-Qaidah. Kelompok itu mengoperasikan kamp-kamp pelatihan mereka sendiri di Derna dan di tempat lain di Libya. Aliansi kelompok-kelompok-kelompok jihad yang dikenal sebagai Dewan Syura Mujahidin (MSC), dibentuk pada akhir tahun 2014, juga mempertahankan kehadiran yang luas di kota timur Libya tersebut.

Ansar al Syariah Libya dan MSC keduanya didukung oleh Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM), cabang resmi Al-Qaidah di Afrika Utara. (st/tlwj)


latestnews

View Full Version