View Full Version
Selasa, 03 May 2016

Islamic State (IS) Jebol Pertahanan Pasukan Peshmerga Kurdi di Irak Utara

MOSUL, IRAK (voa-islam.com) - Pejuang Islamic State (IS) menyerang pasukan Peshmerga Kurdi di berbagai bidang di Irak utara pada Selasa (4/5/2016), menerobos pertahanan mereka dan sebentar mengambil alih kota, kata sumber-sumber militer.

Serangan di sekitar kota Mosul, Irak utara adalah yang terbesar terhadap pasukan Kurdi dalam beberapa bulan terakhir oleh IS, yang telah kehilangan tanah ke jajaran pasukan di utara dan barat negara itu.

Kepala milisi Kristen mengatakan pejuang IS telah membanjiri posisi mereka saat fajar sekitar kota Tel Asqof, 20 km utara dari Mosul, dan mendudukinya sampai dipukul kembali dengan bantuan serangan udara dari koalisi pimpinan-AS.

"Ada banyak pelaku bom jibaku dan bom mobil jibaku," kata Safa Eliyas, kepala Pasukan Perlindungan Ninawa, yang dikerahkan di samping Peshmerga di daerah itu.

Ada juga serangan di front Bashiqa dan di daerah Khazer, sekitar 40 km barat dari ibukota wilayah Kurdi Irbil.

Karena campur tangan Amerika Serikat untuk menumpulkan kemajuan Islamic State atas Irbil pada bulan Agustus 2014, Peshmerga telah mendorong mereka kembali utara.

Sekretaris Jenderal Peshmerga Jabbar Yawar mengatakan rincian serangan masih belum jelas, tetapi mereka merupakan serangan terbesar dalam beberapa bulan terakhir.

"Pertempuran masih berlangsung," katanya kepada Reuters. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version