View Full Version
Selasa, 16 Aug 2016

Serangan Islamic State (IS) di Distrik Shadaddi Tewaskan dan Lukai Puluhan Petempur Kurdi

HASAKAH, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang Islamic State (IS) pada hari Senin (15/8/2016) melancarkan serangan terhadap posisi Kurdi di timur laut Suriah, membombardir markas Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di provinsi Hasakah, sumber-sumber militer dan aktivis melaporkan.

Pejuang IS meluncurkan serangan mortir di pusat keamanan YPG di desa Azawi distrik Shaddadi di pedesaan selatan Hasakah, membunuh dan melukai puluhan pasukan Kurdi.

"Kelompok teroris telah menyerang kantor pusat kami di Azawi dekat kota Shaddadi dari empat arah, menggunakan mortir dan senjata berat lainnya," kata seorang juru bicara YPG kepada ARA News, menambahkan bahwa puluhan pejuang mereka tewas dan terluka.

"Pasukan kami akhirnya mampu mengusir serangan tersebut dan menghancurkan empat kendaraan ISIS. Juga enam teroris tewas dalam bentrokan dengan pejuang kami," pejabat YPG itu mengklaim.

Sementara itu, aktivis media lokal Muhammad al-Ahmed mengatakan kepada ARA News bahwa bentrokan mencapai kota Shaddadi sebelum YPG mampu memaksa pejuang IS untuk menarik diri.

"Infiltrasi hari Senin oleh ISIS adalah salah satu serangan paling serius pada Shaddadi sejak pengusiran kelompok dari daerah itu enam bulan lalu," kata al-Ahmed.

Pada pertengahan Februari 2016, unit YPG Kurdi dan sekutu pejuang dari Tentara Demokratik Suriah (SDF) mengumumkan pembebasan kota Shaddadi di provinsi Hasakah dari pejuang Islamic State (IS), setelah berbulan-bulan pertempuran dengan mereka. Pejuang IS telah mengevakuasi markas mereka di Shaddadi setelah dibombardir berat oleh aliansi Komunis Kurdi-sekuler Arab. (an/ARA)


latestnews

View Full Version