View Full Version
Senin, 16 Jan 2017

Islamic State (IS) Rebut wilayah Baru di Deir Al-Zor dari Pasukan Assad

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) menguasai beberapa daerah di wilayah kantong Deir Al-Zor setelah bentrok dengan pasukan rezim pro-Assad pada hari Ahad (15/1/2017).

Pejuang IS memulai serangan dengan meluncurkan serangan bom mobil di pos pemeriksaan keamanan di timur Deir Al-Zor, menyebabkan puluhan korban jiwa. Para anggota IS kemudian melanjutkan dengan membombardir markas-markas pasukan Suriah di distrik Tallat al-Brouk dan kota Bagheliya.

"Pasukan rezim terpaksa mengungsi dari markas mereka di bawah pemboman berat ISIS. Bagheliya dan Tallat al-Brouk sekarang berada di bawah kendali ISIS, "kata aktivis media Ahmed Ramadan yang berbasis di Deir ez-Zor kepada ARA News.

Bersamaan, pejuang IS menyerbu kawasan Asrama al-Jahiziya di jalan raya Deir ez-Zor-Damaskus, mengusir Pasukan Pertahanan Nasional (NDF), yang bercokol di sana.

"IS menyerang Asrama al-Jahiziya dari dua arah, menggunakan roket dan bom mobil," Ramadhan melaporkan. "Pasukan Pro-rezim kabur dari lingkungan itu untuk menghindari kerugian lebih lanjut dalam hal pasukan dan peralatan, menuju barat Deir Al-Zor."

Sebagian besar kota Deir Al-Zor dan pedesaan sekitarnya dikendalikan oleh ISIS. Namun, pasukan pro-rezim yang masih bertahan di beberapa lingkungan di bagian barat kota dan mengendalikan bandara militer yang berdekatan, yang telah dibentengi.

Deir Al-Zor dianggap strategis bagi Islamic State karena itu menghubungkan wilayah yang mereka kuasai di Irak ke ibukota de facto IS di Suriah, Raqqa. (an/TNA)


latestnews

View Full Version