View Full Version
Sabtu, 04 Feb 2017

Islamic State (IS) Rebut 3 Pangkalan Militer Tentara Suriah di Qolamun

DAMASKUS, SURIAH (voa-islam.com) - Setelah empat hari bentrokan berat dengan pasukan tentara Suriah, pejuang Islamic State (IS) pada Jum'at (3/2/2017) menangkap bidang strategis timur laut dari Damaskus.

IS menguasai tiga pangkalan militer di Qalamoun wilayah timur laut ibukota Suriah, setelah bentrokan dengan pasukan tentara pro-Assad.

"Kelompok militan sekarang mengendalikan tiga pangkalan militer utama di Qalamoun, termasuk markas besar Brigade 559, Brigade Kimia dan markas al-Mahjoura," aktivis media lokal Wassim Doghmoush mengatakan kepada ARA News.

Puluhan korban dilaporkan di kedua sisi.

Menurut kantor berita terkait IS, A'maaq, setidaknya 30 tentara Suriah tewas dalam bentrokan Qalamoun.

"Jihadis Islamic State melancarkan operasi dari tiga arah, menggunakan artileri berat dan mortir, memaksa tentara untuk mengosongkan tiga pangkalan," kata Doghmoush.

Kemajuan Jum'at dapat memungkinkan IS menyerbu Pangkalan Udara S tentara Suriah di wilayah Qalamoun.

Menyerang Damaskus

Pada bulan Oktober, Islamic State mengancam akan menyerbu Damaskus dan menerapkan  hukum Syariah di seluruh ibukota. IS mengatakan bahwa invasi mereka sudah dekat dan bersumpah untuk menyerang pasukan keamanan Suriah dan oposisi bersenjata.

"Para pejuang kekhalifahan sedang mempersiapkan untuk memasuki jantung al-Sham [Damaskus]," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

IS telah mengendalikan blok pemukiman di Damaskus selatan ketika mereka mengusir kelompok bekas afiliasi Al-Qaidah Jabhat Fateh al-Sham dan faksi oposisi sekutu, pada bulan April 2015.

Lingkungan Hajar al-Aswad diyakini area panggung utama Islamic State. Pejuang mereka juga mengontrol sebagian besar distrik Yarmouk dan Tadamun di dekatnya.

IS telah menuduh kelompok oposisi di Damaskus bekerja atas nama pemerintah Assad dan menjadi murtad. "Waktunya telah tiba bagi para pejuang Khilafah untuk mengambil al-Sham [Damaskus] dari orang-orang kafir dan tentara bayaran mereka," kata mereka.

Wartawan Suriah Mustafa abde mengatakan kepada ARA News bahwa IS kemungkinan akan mencoba untuk membuka front baru di Suriah selatan untuk menglihkan perhatian dari Irak utara, di mana IS mengalami kemunduran.

Abde berpendapat bahwa: "Pengumuman ini datang setelah IS mulai kehilangan tanah di Irak di tengah memburuknya moral di kalangan pejuang nya. ISIS sedang mencari yang disebut kemenangan baru untuk mendapatkan kembali reputasinya sebagai organisasi yang kuat." (an/ARA)


latestnews

View Full Version