View Full Version
Jum'at, 10 Mar 2017

Pejuang Oposisi Suriah Bentrok dengan Pasukan Pro-Assad di Manbij dan Al-Bab

MANBIJ, SURIAH (voa-islam.com) - Bentrokan baru pada hari Kamis (9/3/2017 terjadi antara pejuang oposisi Perisai Efrat di satu sisi dan pasukan teroris Assad dan milisi Syi'ah asing bayaran Iran yang mendukungnya di sisi lain, di daerah yang terletak antara kota kota utara al-Bab dan Manbij.

Dewan Militer Manbij, yang berafiliasi dengan apa yang disebut Tentara Demokratik Suriah (SDF), menyatakan hari sebelumnya secara resmi menyerahkan kendali enam desa di pedesaan Aleppo ke teroris Assad, untuk melayani sebagai zona penyangga antara milisi SDF dan pasukan Perisai Efrat yang didukung Turki.

Sementara itu, dua teroris Assad tewas dan sejumlah lainnya luka-luka ketika pasukan Perisai Efrat berusaha untuk merebut kendali atas desa Jubb al-Humeira, terletak di sisi timur kota al-Bab.

Bentrokan juga meletus antara kedua belah pihak di sekitar desa al-Battoushiya, di mana pejuang oposisi mampu menangkap dua teroris Assad, kantor berita SMART melaporkan.

Pada bulan Agustus 2016, milisi SDF, yang komponen utamanya adalah milisi Komunis YPG Kurdi, mampu merebut kota Manbij, didukung oleh penasihat militer AS dan dilindungi oleh kekuatan udara koalisi yang dipimpin AS dari Islamic State (IS).

Pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengancam untuk memukul lokasi-lokasi teroris YPG, yang mendominasi milisi SDF, di Manbij kecuali mereka meninggalkan kota tersebut.

Ankara memandang Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi sebagai cabang Suriah dari partai Komunis PKK, yang ditunjuk sebagai kelompok teroris oleh AS, dan Uni Eropa. (st/Orient)


latestnews

View Full Version