View Full Version
Kamis, 11 May 2017

Kelompok Al-Shabaab Rebut Kota Goofgaduud dari Pemerintah Somalia

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Para pejuang Al-Shabaab menyerang sebuah pangkalan militer Somalia terpencil di barat laut ibukota Mogadishu pada hari Selasa (9/5/2017), menewaskan beberapa tentara pemerintah, kata beberapa pejabat dan kelompok tersebut.

Al-Shabaab, yang telah meluncurkan beberapa serangan di sana dalam beberapa tahun terakhir, mengatakan bahwa pihaknya telah menguasai seluruh kota Goofgaduud.

"Kami telah menangkap Goofgaduud. Kami membunuh 16 tentara dalam pertempuran tersebut, "kata Sheikh Abdiaziz Abu Musab, jurubicara operasi militer Al-Shabaab.

Pejabat pemerintah dan militer tidak mau mengkonfirmasi penangkapan Goofgaduud, yang terletak sekitar 250 km barat laut Mogadishu.

"Al-Shabaab menyerang markas kami di Goofgaduud di pagi hari dan menyerang pasukan lain yang dikirim untuk bala bantuan," kata Mohamed Aden, seorang pejabat militer di wilayah tersebut.

"Kami kehilangan setidaknya tujuh tentara dan satu truk militer dibakar," akunya kepada Reuters.

Jumlah korban yang disebutkan Al-Shabaab dan yang diumumkan oleh pejabat sering berbeda, dengan pihak berwenang Somalia biasa menutup-nutupi korban sesungguhnya dari pihak mereka.

Kelompok tersebut, yang dulu menguasai sebagian besar Somalia, telah berjuang bertahun-tahun untuk menerapkan syariah Islam di negara Tanfuk Afrika tersebut.

Pasukan Uni Afrika dan Somalia telah mengusir kelompk itu dari kubu mereka dan pelabuhan perkotaan namun afiliasi Al-Qaidah itu masih menguasai petak besar wilayah pedesaan di Somalia.

Sejak kehilangan sebagian besar wilayah ke penjaga perdamaian Uni Afrika yang mendukung pemerintah yang didukung Barat, pejuang Al-Shabaab telah sering melancarkan berbagai serangan mematikan di Mogadishu dan wilayah lain yang dikendalikan oleh pemerintah federal. (st/Harar24)


latestnews

View Full Version