View Full Version
Jum'at, 04 Aug 2017

Al-Shabaab Rebut Kota Leego di Selatan Somalia dari Pasukan Pemerintah dan AMISOM

LOWER, SHABELLE, SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Somalia Al-Shabaab merebut sebuah kota di selatan negara tersebut pada hari Jum'at (4/8/2017) pagi setelah ditinggal pergi oleh militer Somalia dan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika (AMISOM), kata penduduk setempat.

Kota Leego, yang terletak sekitar 130 km ke arah barat laut ibukota, Mogadishu, berada di wilayah Lower Shabelle Somalia, di mana Al-Shabaab pekan lalu menewaskan setidaknya 12 penjaga perdamaian dalam salah satu serangan paling mematikan terhadap AMISOM.

Farah Ahmed, seorang penduduk Leego, mengatakan kepada Reuters AMISOM dan pasukan militer Somalia telah mundur dari kota pada hari Jum'at lalu.

"Pada saat yang sama, Al-Shabaab masuk untuk mengendalikan kota ... Kota ini sekarang tenang dan pejuang Al-Shabaab berada di setiap bagian kota."

Al-Shabaab berjuang untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia yang didukung Barat. Kelompok tersebut didorong keluar dari Mogadishu pada tahun 2011 namun menguasi sebagian besar wilayah pedesaan di seluruh negeri dan luar ibukota.

Kelompok ini merupakan ancaman yang berat, dengan mereka sering melakukan pemboman terhadap sasaran-sasaran pemerintah dan militer di Mogadishu dan kota-kota lain di Somalia. (st/Reuters) 


latestnews

View Full Version