View Full Version
Rabu, 25 Apr 2018

Taliban Umumkan Ofensif Musim Semi Baru, Disebut Operasi Al-Khandaq

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Taliban mengumumkan dimulainya serangan musim semi baru ketika kelompok itu menekankan bahwa serangan baru sedang diumumkan sebagai tanggapan terhadap strategi baru AS yang membuka jalan bagi penyebaran ribuan lebih banyak pasukan asing.

Kelompok itu dalam sebuah pernyataan mengatakan ofensif musim semi yang diberi nama operasi Al-Khandaq akan dimulai di seluruh negeri mulai hari Rabu (25/4/2018) ini untuk menargetkan pasukan asing dan Afghanistan serta pemerintah.

Taliban mengatakan bahwa bagian-bagian tertentu dari negara itu masih dikendalikan pasukan asing dan pengumuman strategi baru oleh Presiden Trump telah membuka jalan bagi pengerahan ribuan lagi pasukan ke Afghanistan.

Kelompok ini juga mengatakan bahwa pasukan asing telah meningkatkan serangan tidak hanya terhadap Taliban tetapi tempat-tempat suci seperti masjid juga menjadi sasaran.

Taliban juga mengkritik pemerintah Afghanistan karena penandatanganan perjanjian keamanan bilateral dengan Washington untuk membuka jalan bagi kehadiran jangka panjang pasukan Amerika.

Sementara itu, pemimpin Taliban menyerukan pejuang Taliban untuk memastikan kehidupan dan properti warga sipil biasa tetap terjaga dari bahaya.

Kelompok itu juga meminta warga Afghanistan untuk tetap menjauh dari kompleks-kompleks pasukan asing dan Afghanistan serta konvoi mereka.

Pengumuman oleh Taliban mengenai peluncuran ofensif musim semi datang ketika upaya sedang dilakukan untuk mengakhiri kekerasan melalui rekonsiliasi.

Namun, kelompok itu sejauh ini menahan diri untuk berpartisipasi dalam segala bentuk negosiasi untuk proses perdamaian. (st/kp) 


latestnews

View Full Version