View Full Version
Sabtu, 09 Jun 2018

1 Pasukan Komando AS Tewas 4 Terlukan dalam Serangan Al-Shabaab di Somalia

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Seorang pasukan komando AS tewas dan empat lainnya terluka pada Jum'at (8/6/2018) ketika mereka diserang di Somalia selama operasi terhadap pejuang Al-Shabaab, kata militer AS.

Pasukan operasi khusus AS bertempur bersama sekitar 800 pasukan dari Pasukan Keamanan Nasional Somalia dan Pasukan Pertahanan Kenya ketika mereka diserang sekitar pukul 2.45 malam oleh mortir dan tembakan senjata kecil.

Seorang tentara lokal juga terluka dalam serangan itu, militer AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, tanpa mengklarifikasi apakah prajurit itu bagian dari pasukan bersenjata Somalia atau Kenya.

Meskipun salah satu orang Amerika yang terluka tidak menerima perawatan tambahan setelah dirawat di lapangan, tiga lainnya dan tentara lokal yang terluka dievakuasi secara medis untuk perawatan lanjutan.

Pasukan telah berada di sebuah misi untuk membersihkan Al-Shabaab dari daerah-daerah yang diperebutkan serta desa-desa yang dikuasai jihadis"dan mendirikan sebuah pos tempur permanen" untuk memperluas jangkauan dari negara Somalia, komando Afrika militer AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"AS memberikan saran, bantuan, dan pengawasan udara selama misi," katanya.

Sekitar 500 pasukan AS dikerahkan di Somalia.

Al-Shabaab sedang berjuang untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia dan menetapkan aturan Islam.

Sejak didesak keluar dari Mogadishu pada tahun 2011, kelompok ini kehilangan kendali atas sebagian besar kota-kota Somalia, tetapi tetap mempertahankan keberadaan yang kuat di wilayah di luar ibu kota. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version