View Full Version
Sabtu, 28 Jul 2018

Mantan Pejabat Taliban Konfirmasi Pembicaraan Sedang Berlangsung Antara Taliban dan AS

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang mantan menteri Taliban dan orang kepercayaan dekat Mullah Muhamamd Omar telah mengkonfirmasi bahwa pembicaraan sedang berlangsung antara Taliban dan pejabat AS di tingkat yang lebih rendah di Qatar.

Mantan menteri keuangan Taliban Mutasim Agha Jan mengatakan kepada Daily Times, “Wakil-wakil politik Taliban dan para pejabat Amerika telah bertemu di Qatar. Tidak ada pihak lain yang merupakan bagian dari negosiasi.”

Dia mengatakan, “Pembicaraan saat ini diadakan di tingkat yang lebih rendah, dan kedua pihak akan melanjutkan secara bertahap. Ketika negosiasi mulai berlangsung pada tingkat tertinggi, kami akan mencapai kesepakatan. "

"Saya yakin bahwa Taliban dan AS akan terus berdialog dan akan mencapai kesepakatan," tambah Mutasim Agha Jan.

Berkaitan dengan pertanyaan mengenai absennya para pejabat Afghanistan dalam perundingan, Aga Jan mengatakan perang Taliban tidak melawan warga Afghanistan, tetapi Amerika dan invasi mereka ke negara itu, menekankan bahwa pemerintah Afghanistan seharusnya tidak memiliki keberatan karena kesepakatan damai akan mengakhiri konflik berkepanjangan di negara ini.

Dia mengatakan, tuntutan Taliban untuk perdamaian termasuk mengakhiri invasi, pengakuan terhadap kantor Taliban, dan penghapusan nama-nama pemimpin Taliban dari daftar sanksi PBB. (st/kp)


latestnews

View Full Version