View Full Version
Selasa, 06 Nov 2018

Taliban Ambil Alih 2 Pangkalan Militer Afghanistan di Uruzgan dan Faryab

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban mengambil alih dua pangkalan militer, satu di ibukota provinsi Uruzgan, dan satu lagi di provinsi utara Faryab, selama beberapa hari terakhir, The Long War Journal melaporkan hari Senin (5/11/2018).

Taliban terus menekan serangan-serangannya yang sukses terhadap pasukan keamanan Afghanistan bahkan ketika mereka mundur dari daerah-daerah terpencil untuk mempertahankan wilayah yang lebih padat penduduknya.

Para pejabat Afghanistan menegaskan bahwa Taliban menyerbu sebuah pangkalan kecil di Tarin Kot di Uruzgan pada malam 3 November, kata Pajhwok Afghan News. Taliban, dalam pernyataan yang dirilis di Voice of Jihad, menyatakan bahwa mereka menyerang dan menguasai dua markas polisi di kota itu, menewaskan 8 polisi Afghanistan dan menangkap 16 lainnya.

Selain itu, Taliban mengatakan pihaknya menyita dua "APC" dan sejumlah senapan serbu, senapan mesin, amunisi dan perlengkapan lainnya selama penyerbuan tersebut.

Di provinsi Faryab, Taliban menyerbu pangkalan polisi ketertiban umum yang "terletak di antara Sherin Tagab dan distrik Dawlatabad," lapor Pajhwok. Tiga polisi tewas dan 17 lainnya ditangkap, sementara "empat tank, dua peluncur roket, senjata lain dan ribuan peluru" disita, para pejabat Afghanistan mengatakan kepada kantor berita itu.

Taliban mengatakan telah menewaskan 3 polisi dan menangkap 19 lainnya selama pertempuran tersebut.

Para pejabat Afghanistan juga mencatat bahwa Taliban sekarang mengendalikan semua jalan dan pos pemeriksaan keamanan polisi di jalan raya utama yang mengarah dari Maimana, ibukota provinsi, ke distrik Dawlatabad. Jalan raya ini adalah penghubung utama ke Sherebghan, ibu kota provinsi Jawzjan.

“Kontak antara distrik Dawlatabad dan Shergin Tagab rusak, tidak ada desa atau daerah di bawah kendali pemerintah. Jatuhnya markas terakhir berarti kedua distrik dikepung, ”seorang pejabat Afghanistan mencatat.

Pasukan keamanan Afghanistan mulai meninggalkan pangkalan-pangkalan mereka di provinsi Faryab pada akhir musim panas, dan keamanan di provinsi itu semakin memburuk.

Serangan Taliban terhadap pangkalan-pangkalan seperti itu yang terjadi selama akhir pekan di Uruzgan dan Faryab telah menjadi terlalu umum. Serangan-serangan ini terjadi di seluruh negeri, dan tidak hanya di daerah-daerah terpencil. Dan seringkali banyak dari serangan ini tampaknya tidak dilaporkan oleh pers Afghanistan. Misalnya, di distrik Khakrez di provinsi Kandahar Ahad malam, Taliban mengatakan telah menewaskan 14 personel keamanan setelah menduduki pangkalan itu.

Meskipun laporan itu tidak dapat dikonfirmasikan secara independen, Taliban telah secara akurat melaporkan insiden semacam itu di masa lalu.

Militer dan polisi Afghanistan, atas saran militer AS, telah mulai menarik diri dari beberapa pos pemeriksaan polisi dan pangkalan militer yang lebih terpencil di seluruh Afghanistan dalam upaya untuk menjaga dan mengurangi korban pasukannya, yang saat ini tertinggi sepanjang waktu, serta fokus pada mempertahankan pusat populasi Afghanistan.

Namun, seperti serangan Taliban di Tarin Kot menunjukkan, serta serangan Taliban baru-baru ini ke kota-kota Ghazni dan Farah, strategi ini memiliki keterbatasan. Menyerahkan daerah pedesaan ke Taliban hanya memungkinkan Taliban untuk menggunakan daerah-daerah terpencil ini untuk merekrut pejuang, mengoperasikan kamp pelatihan, menyebarkan ideologi "radikal" dan melancarkan serangan ke wilayah yang lebih padat penduduk di bawah kendali pemerintah. (st/tlwj)


latestnews

View Full Version