View Full Version
Senin, 03 Dec 2018

Pemimpin Terkemuka Taliban Tewas dalam Serangan Udara AS di Helmand Afghanistan

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang pemimpin terkemuka Taliban telah gugur di Afghanistan selatan, menyusul operasi gabungan antara pasukan Afghanistan dan AS, kata para pejabat, Ahad (2/12/2018).

Mullah Abdul Manan adalah 'gubernur bayangan' Taliban di provinsi Helmand selatan dan gugur dalam serangan udara - bersama 29 lainnya - Sabtu malam, kata Omar Zwak, juru bicara gubernur resmi provinsi itu.

Kementerian dalam negeri Afghanistan mengatakan bahwa 32 pejuang Taliban lainnya juga tewas dalam serangan udara itu.

Kematiannya dikonfirmasi oleh Zabiullah Mujahid, juru bicara Taliban, menggambarkannya sebagai "kerugian besar" bagi kelompok itu tetapi para jihadis bersumpah tidak akan mempengaruhi operasi militer mereka.

AS juga mengatakan Manan tewas dalam serangan udara, menurut Reuters, dan mengatakan kematian komandan akan menjadi bekal utama bagi Taliban.

"Mereka akan mengalami kesulitan mengintensifkan perjuangan ketika para pejuang dan pemimpin mereka berada di bawah serangan konstan. Pembicaraan damai adalah satu-satunya solusi," klaim Kolonel Butler, juru bicara Pasukan AS di Afghanistan, menurut Reuters.

Washington telah membuat tawaran kepada Taliban tentang kemungkinan berakhirnya perang secara damai, yang telah berkecamuk sejak tahun 2001 invasi pimpinan AS di negara itu.

Pembicaraan telah diadakan di Qatar antara pejabat AS dan Taliban.

Helmand telah menjadi tempat pertempuran sengit selama bertahun-tahun dengan banyak provinsi tersebut yang dikuasai oleh Taliban.

Manan memimpin ekspansi Taliban ke wilayah itu dalam beberapa tahun terakhir. (st/TNA)


latestnews

View Full Version