View Full Version
Ahad, 28 Apr 2019

Serangan HTS dan Hurrasa Diin Tewaskan Sedikitnya 20 Tentara Suriah di Utara Aleppo

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Serangan oleh dua kelompok jihadis menewaskan sedikitnya 20 puluh pasukan pemerintah Suriah dan milisi Syi'ah yang menjadi sekutunya di provinsi utara Aleppo pada Sabtu (27/4/2019) pagi laporan di media sosial menyebutkan.

Puluhan tentara lainnya terluka dalam serangan oleh Hay'at Tahrir al-Sham (HTS), dan sekutunya Hurrasa Diin, yang tetap berafiliasi dengan jaringan jihad global Al-Qaidah.

Kantor berita Ibaa yang terkait dengan HTS mengatakan serangan itu menewaskan lebih dari 20 tentara, menambahkan bahwa serangan itu sebagai pembalasan atas pemboman sasaran sipi; oleh militer Suriah dan Rusia di wilayah yang dikuasai oposisi dalam beberapa hari terakhir.

Serangan di pedesaan selatan dan barat daya provinsi Aleppo diluncurkan tak lama setelah tengah malam dan memicu bentrokan yang berlanjut hingga subuh.

Tidak ada korban dari pihak jihadis yang kembali ke posisi mereka dengan selamat.

Pesawat Rusia juga melakukan serangan di provinsi tetangga, Hama, Sabtu pagi, menewaskan lima warga sipil, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Pada hari Jum'at, serangan Rusia menewaskan 10 warga sipil di provinsi Idlib, pusat wilayah yang dipegang oleh jihadis HTS di Suriah barat laut.

Rusia dan Turki yang mendukung pemberontak pada September menandatangani kesepakatan zona penyangga untuk mencegah serangan di wilayah Idlib, tetapi kesepakatan itu tidak pernah dilaksanakan.

Wilayah berpenduduk sekitar tiga juta orang telah mengalami peningkatan pemboman sejak HTS mengambil kendali penuh pada Januari.

Serangan udara Rusia terbaru yang lagi-lagi menargetkan sasaran sipil terjadi setelah dua hari pembicaraan tentang konflik Suriah antara Turki, Rusia dan sesama pendukung pemerintah Suriah, Iran di Kazakhstan awal pekan ini. (st/AFP)


latestnews

View Full Version