View Full Version
Sabtu, 20 Jul 2019

Pejuang AQAP Tewaskan 5 Tentara Pemerintah Yaman di Wilayah Mudiya Abyan

ABYAN, YAMAN (voa-islam.com) - Jihadis Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) pada hari Jum'at (19/7/2019) menyerang pos pemeriksaan militer di Yaman selatan, menewaskan lima tentara pro-pemerintah dan melukai beberapa lainnya, kata pejabat keamanan.

Serangan itu terjadi di wilayah Mudiya di provinsi Abyan, tambah mereka.

"Lima tentara tewas dan beberapa lainnya cedera pada Jum'at pagi dalam serangan yang dilakukan oleh orang-orang bersenjata Al-Qaidah ... di sebuah pos pemeriksaan," kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Seorang pejabat keamanan kedua mengatakan "pejuang Al-Qaeda menggunakan senapan mesin dan granat berpeluncur roket" dalam serangan itu, membenarkan bahwa lima pasukan pro-pemerintah telah tewas.

Amerika Serikat menganggap Al-Qaidah yang berbasis di Semenanjung Arab di Yaman(AQAP) sebagai cabang jaringan jihad global paling berbahaya.

Kelompok AQAP, Islamic State (IS) dan faksi-faksi jihadis lainnya telah berkembang dalam kekacauan perang saudara Yaman, yang telah mengadu domba pemerintah - didukung oleh koalisi militer yang dipimpin Saudi sejak 2015 - melawan pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung pemerintah Syi'ah Iran.

Wilayah Mudiya, tempat serangan itu terjadi, dulunya merupakan benteng Al-Qaidah pada awal perang saudara sebelum pasukan loyalis merebutnya dari para jihadis, kata sumber-sumber keamanan. (st/AFP)


latestnews

View Full Version