View Full Version
Jum'at, 01 Nov 2019

Kelompok Jihad Terkait Al-Qaidah, Ansar Al-Islam Klaim Serangan Pertama di Irak Setelah 5 Tahun

DIYALA, IRAK (voa-islam.com) - Ansar Al-Islam, sebuah kelompok jihad yang terkait dengan Al-Qaidah yang telah lama beroperasi terutama di Suriah, telah mengklaim serangan pertamanya di Irak, yang merupakan asal mereka, setelah lima tahun tidak terdengar aktivitasnya.

Hari Kamis (31/10/2019) Ansar al Islam merilis pernyataan tanggung jawab atas bom improvisasi yang menargetkan anggota milisi Syi'ah Unit Mobilisasi Populer (PMU) di provinsi Diyala Irak pada hari Selasa.

"Singa-singa Jamaat Ansar Al-Islam di daerah Jalawla di provinsi Diyala Irak, menempatkan dua IED pada penjahat Hashd Shaabi [PMU]," klaim itu berbunyi. Pernyataan itu lebih lanjut mengatakan membunuh satu tentara PMU, sementara melukai yang lain.

Klaim ini tampaknya didukung oleh pelaporan lokal. Media lokal Irak melaporkan bahwa tiga orang memang tewas oleh IED di daerah Jalawla. Meskipun, Baghdad Post melaporkan hanya "petani" yang terbunuh.

Islamic State, sementara itu mengklaim serangan di dekat Baqubah dan Miqdadiyah, tidak mengklaim ledakan Jalawla. Ini memberikan lebih banyak bukti tentang kebenaran pada pernyataan Ansar Al-Islam.

Operasi terakhir Ansar al Islam yang diklaim di Irak adalah pada tahun 2014. Pada tahun itu, kelompok jihad itu mengambil bagian dalam pemberontakan baru Muslim Sunni di Irak sesaat sebelum amukan Islamic State melalui sejumlah besar wilayah Irak dan Suriah.

Afiliasi Al-Qaidah itu melaporkan serangkaian operasi musim panas mereka saat itu, memposting banyak foto dari kemenangannya dalam proses tersebut.

Meskipun pada bulan Juli 2014, sayap Ansar Al-Islam Irak menderita pembelotan massal ke Islamic State. Namun, keseluruhan organisasi tidak bergabung ke IS, karena sayap Suriahnya tetap independen.

Dan sejak 2014, sayap Ansar Al-Islam Suriah telah mengambil bagian dalam berbagai serangan dan operasi di Suriah barat laut. Sejak akhir 2018, mereka juga menjadi anggota ruang operasi "Incite the Believers" dengan berbagai kelompok terkait Al-Qaidah lainnya di Idlib.

Namun sekarang, tampaknya pasukan Ansar al Islam di Irak menandakan mereka siap untuk memulai kembali operasi di negara itu. Sejauh ini tidak jelas seberapa baik Ansar al Islam bisa pulih di Irak; Namun, Islamic State yang lemah dapat menyediakan lebih banyak ruang operasi untuk kelompok-kelompok jihadis Sunni lainnya. (tlwj)


latestnews

View Full Version