View Full Version
Rabu, 22 Aug 2012

Santri Muslim Nuuwar Ikuti Syawal Studi Training di Puncak

BEKASI (VoA-Islam) - Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) yang dipimpin Ustadz Fadzlan Garamatan kembali mengadakan Syawal Study Motivating Training (SSMT) kepada para santrin asal Nuuwar (Irian) di Puncak Jawa Barat, pada 23 Agustus 2012.

AFKN adalah lembaga dakwah dan sosial yang memiliki basis di wilayah Timur Indonesia. Lembaga ini berperan dalam meningkatkan SDM putra-putra daerah Irian,khususnya ilmu agama Islam dan ketrampilan lainnya.

“Kami ingin memberi motivasi agar mereka mampu bersaing sebagai anak bangsa Indonesia, sebagai umat Islam, yang dijanjikan oleh Allah Swt sebagai Umat yang terbaik bagi manusia lainya,” demikian dikatakan Ketua Umum AFKN, Ustadz Muhammad Zaaf Fadzlan Rabbani Al Garamatan.

Syawal Study Motivating Training diberikan sebagai pembekalan kepada seluruh santri setelah mereka mengikuti satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Setelah mengikuti training, mereka akan kembali ke pesantren atau perguruan tinggi mereka masing-masing untuk menimba ilmu.

"Harapan kami pada moment 67 tahun Indonesia Merdeka dan 32 tahun berdirinya AFKN ini, diharapkan menjadi rahmat ditengah-tengah NKRI. Kami ingin mengejar ketertinggalan untuk membangun Nuu Waar (Irian) yang bermartabat. Di Hari Fitri ini, Muslim Nuuwar akan membawa Indonesia menjadi lebih beradab,” kata Ustadz Fadzlan.

Kampung Ramadhan

Sebelumnya, AFKN menggelar Kegiatan Kampung Ramadhan AFKN ini merupakan tradisi yang diadakan muslim Nuuwar (Irian) setiap tahun. Di kampung Ramadhan inilah, santri dididik berpuasa, membaca Al-Quran, tarawih, mempelajari fiqih, dan qiyamulail. Bertahun-tahun dakwah di kota Bekasi, kegiatan ini memberi motivasi serta inpirasi kepada santri-santri AFKN.

"Kegiatan ini dilakukan Yayasan Muslim Papua ini sebelum memiliki asrama yang tetap yang kini berada di Pondok Picung Bekasi. Insya Allah nanti bila sudah asrama yang tetap, kampung halaman kepada santri dari Nuu Waar (Irian)," demikian dikatakan Ketua Yayasan Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) Ustadz Fadzlan, beberapa waktu lalu (17/8) di Posko AFKN, Jalan Anyelir Barat I Blok J4 No.10 Pondok Hijau-Bekasi.

Selama liburan, santri mengisi akhir ramadhan dengan mengkhatam Al-Qur’an sebanyak 700 kali. Setiap santri yang hafizh, masing-masing membaca Al Qur’an sebanyak satu juz, yang disertai dengan tajwidnya. "Kami pengurus AFKN hanya memberikan fasilitas serta motivasi." Hidayat/desas

 


latestnews

View Full Version