View Full Version
Selasa, 23 Oct 2012

Lingkar Studi Ekonomi Syariah Luncurkan Aplikasi Ekonomi Syariah

Jakarta (VoA-Islam) - Belum lama ini (19-20 oktober 2012), LiSEnSi-Lingkar Studi Ekonomi Syariah menyelenggarakan event REVENUE-Sharia Economic Innovation in Unity Event featuring Yotomo yang bertemakan “Sharia Economic Innovation”di Auditorium FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

LiSEnSi-Lingkar Studi Ekonomi Syariah adalah salah satu kelompok studi ekonomi islam dari 120 kelompok studi ekonomi islam yang tersebar di seluruh Indonesia yang direkatkan oleh FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam). LiSEnSi berkedudukan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mengkaji ekonomi syariah dan memiliki visi membumikan Islam dalam bidang ekonomi.

Ketua umum LiSEnSi, Asep Saepullah menuturkan “perkembangan ekonomi syariah yang begitu pesat baik di indonesia maupun global menuntut adanya inovasi yang applicable untuk kemajuan ekonomi syariah, saya melihat adanya peluang integrasi antara ekonomi syariah dan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan sudah merubah habitual masyarakat dunia, oleh karena itu saya dan teman teman LiSEnSi membuat terobosan event REVENUE untuk memadukan antara ekonomi syariah dengan teknologi untuk menelurkan inovasi baru yang dibutuhkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang ekonomi syariah”.

LiSEnSi juga melakukan soft launching aplikasi ekonomi syariah pertama yang bernama “Sharee-Sharia economics education” berbasis android yang memiliki tagline “ekonomi syariah dalam genggaman”, aplikasi ini memiliki tiga konten unggulan: 1) kamus ekonomi syariah yang berisikan istilah-istilah ekonomi syariah, 2) share e learning yang berisikan artikel, riset, paper terkait ekonomi syariah untuk media pembelajaran, dan 3) news update dari media informasi yang memberitakan ekonomi syariah.

Aplikasi ini digarap oleh tiga mahasiswa UIN Jakarta, yaitu Lutfi Haris (Developer dari Ideaplay-FST UIN Jakarta), Asep Saepullah(content management-FSH UIN Jakarta), dan Ridha Danjanny(content management-FSH UIN Jakarta).

Aplikasi ini bertujuan untuk media edukasi,sosialisasi, dan komunikasi ekonomi syariah bagi masyarakat. “Untuk kedepan kami masih butuh riset dan pengembangan lebih serta support dari stakeholder ekonomi syariah untuk terus mengembangkan aplikasi ini, sehingga aplikasi ini bisa lebih banyak konten unggulannya dan bisa digunakan di semua platform seperti blackberry, iphone, windows phone, agar bisa lebih menjamah banyak masyarakat lebih mengenal ekonomi syariah”,tutur Lutfi developer aplikasi ini.

Selain soft launching aplikasi ekonomi syariah, juga diadakan seminar lanjutan dengan pembicara: ahmad fathi hadi (CEO Tandif) membawakan business model innovation, wahyudi (CEO Yotomo) dan Siddiq Permana (Nusantara Beta) membawakan build own your startup. (desas)


latestnews

View Full Version