View Full Version
Senin, 11 Mar 2013

MUI dan Ormas Islam Solo Sambut Deklarasi Dewan Syariah Kota Surakarta

SOLO (voa-islam.com) - Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) akhirnya dideklarasikan Jumat, 8 Maret 2013di Masjid Mujahidin Banyuanyar, Solo, Jawa Tengah.

Acara Iftitaahul Ula (Soft Lounching)  yang dimulai pukul 10.30 WIB diisi acara ramah tamah di Gedung Syariah dilanjutkan dengan shalat Jumat dan dihadiri ribuan umat Islam. Beberapa elemen hadir seperti MUI, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, DDII, HTI, JAT, MMI, FPI, FKAM, LUIS, ABI, FUJAMAS, Hisbullah Sunan Bonang, MT Al Islah, Isykarima, TPM, ISAC, Ponpes Salman Al Farisy, FPIS serta hadir dari utusan dari Muspida Surakarta.

Dalam acara ini Ketua MUI Solo Prof. Zaenal Arifin Adnan memberikan sambutan, dilanjutkan dengan orasi syariah dari anggota Dewan Pakar DSKS Dr. Aidul Fitri Ciada dan Dari Ketua DSKS Dr. Muinudinillah Basri, MA.

Sedangkan pembacaan pernyataan Sikap DSKS dibacakan KH. Dahlan HT dari Majelis Tafsir Alquran. Selanjutnya perwakilan dari ormas Islam membacakan dukungan atas deklarasi DSKS yang dipimpin ustadz Choirul dari FPI.

Munurut Dr. Muinudinillah Basri MA, DSKS berawal dari keprihatinan kalangan ulama, kyai, ustadz dan aktivis Islam di Surakarta memunculkan gagasan  perlu adanya pedoman dan rujukan syar’i yang dan dilembagakan secara independen. Dewan Syariah Kota Surakarta atau disingkat DSKS juga memiliki visi, misi sebagai berikut:

Visi :

Menjadi Lembaga Syariah Kota yang dipercaya dan menjadi rujukan kaum muslimin di Surakarta.

Misi:

  1. Membangan rujukan syariah
  2. Membangun Kemimpinan syariah bagi kaum muslimin Surakarta
  3. Menggalang ukhuwah antar umat Islam di Surakarta.

DSKS  dipimpin oleh ulama intelek  muda yang Insya Allah dapat diterima dikalangan umat Islam dan kredibel. Dalam mencapai visi dan misi tersebut diatas maka diperlukan organisasi yang solid yang terdiri dari Dewan Riasah Tanfidzi yang beranggotakan Ust. Aris Munandar Al Fattah dan Ust. Shihabuddin Al Hafidz  yang akan melaksanakan program-program yang telah direncanakan dan  didampingi oleh :

  1. Dewan Mustsyar/Dewan Penasihat yang akan memberikan nasehat dan pertimbangan Syar’i, dengan beranggotakan para kyai sepuh Surakarta diantaranya KH. Drs. Ahmad Sukina, KH Wahyudin, KH Subari, KH Razak Sawawi, KH. Drs. Abdul Manaf Amin
  2. Dewan Khubaro’/Dewan Pakar yang akan memberikan pertimbangan non syar’i dengan  beranggotakan inteketual dan akademisi muslim dengan kepakaran masing seperti Dr. Aidul Fitri Ciada, Prof. Dr. Bambang Setiadi, Prof. Dr. Adi Sulistiyono, SH, MH, Prof. Dr. Nasrudin Baidan.
  3. Dewan Tamwil yang akan memberikan nasehat dan menyantuni kegiatan DSKS diantaranya DR[HC] Soeparno, ZA dan Drs. H. Kasum Musyafa, M.Pd

Acara berakhir pukul 14.00 dengan tertib dan lancar setelah dibacakan doa dari KH Drs. Abdullah Manaf Amin. [Endro. S]


latestnews

View Full Version